Beranda Jurnalis Warga Pentingnya Melakukan Olah Raga Pada Masa Pandemi Covid-19

Pentingnya Melakukan Olah Raga Pada Masa Pandemi Covid-19

113
0
Ilustrasi seorang wanita sedang melakukan meditasi. (Foto: Bola.net)

Jurnalis-Warga: Faktanya, saat ini terhitung hampir tiga bulan, sejak pemerintah memberlakukan kebijakan PSBB yang dalam isi kebijakannya menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk melakukan physical distancing, sebagai upaya menghentikan penyebaran pandemi Covid-19

Dengan adanya physical distancing, mayoritas masyarakat mengisi waktu luang di rumah dengan melakukan berbagai aktivitas yang masih bisa mereka lakukan, baik yang bersifat produktif maupun tidak produktif.

Sifat tidak produktif tersebut merupakan bentuk nyata dari perilaku bermalas-malasan. Termasuk bagi generasi milenial yang identik dengan sifat rebahan. Tentu idealnya berbagai aktivitas tidak produktif di rumah harus diimbangi dengan melakukan aktivitas produktif, khususnya olah raga.

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari kegiatan olah raga, selain menjaga kesehatan, kualitas serta daya tahan tubuh. Faktanya melakukan olah raga pun mampu menjaga bentuk tubuh kita, agar meningkatkan kepercayaan diri.

Tidak bisa dimungkiri, dalam melakukan olah raga, kita perlu memiliki motivasi yang tinggi, selain demi menjaga kesehatan serta bentuk tubuh, tentu secara spesifik melakukan olah raga mampu menjaga kita dari potensi timbulnya penyakit degeratif seperti jantung, diabetes mellitus, hipertensi, dan yang lainnya.

Nyatanya aktivitas tersebut juga mampu menurunkan resiko osteoporosis pada tulang, memperbaiki mood pribadi, mengendalikan stres, mengurangi tingkat kecemasan, serta dampak positif lainnya. Khususnya aktivitas olah raga mampu memperkuat sistem imun setiap manusia, sehingga mampu memperbesar peluang manusia agar selamat dari pandemi Covid-19.

Realitanya pandemi Covid-19 ini, membelenggu berbagai aktivitas publik kita semuanya, khususnya bagi yang sering melakukan aktivitas olah raga di ruang terbuka, atau di tempat yang representatif, sekarang perlu melakukannya di rumah, dengan mengoptimalkan berbagai sarana dan prasarana yang tersedia.

Melakukan aktivitas olah raga di rumah pun, tidak menjadi perkara serius, karena kita bisa melakukan aktivitas seperti jogging, push up, peregangan, senam aerobik, hingga zumba. Perlu diingat pentingnya melakukan pemanasan sebelum olah raga, serta melakukan pendinginan setelah olah raga. Kegiatan tersebut cukup dilakuka 3-5 kali dalam 1 (satu minggu, serta perlu diawali oleh niat serius dari setiap individu. #dirumahaja.

Penulis: Ermaniza

Editor: Agil Nanggala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here