Beranda Sorot Keutamaan mengumandangkan takbiran ketika Idul Fitri

Keutamaan mengumandangkan takbiran ketika Idul Fitri

60
0
Ilustrasi suasana malam takbiran selalu meriah. (sumber: google)

 wartapriangan.com – Mengumandangkan takbir di Hari Raya Idul Fitri merupakan salah satu sunnah yang agung. Lazimnya pada malam takbiran setiap umat islam turun semua kejalan untuk menyambut kebahagiaan lebaran. Bacaan takbiran juga termasuk dalam salah satu bacaan dzikir, dengan begitu ketika seseorang melantunkan takbir, seseorang pun sudah sama saja berdzikir kepada Allah Swt.

Amalan di malam takbiran memiliki banyak keutamaan yang istimewa. Ketika malam istimewa ini kamu bisa mendapatkan berkah pengampunan dosa dan terkabulnya doa. Mengumandangkan takbir tentunya menjadi suatu hal kebiasaan yang selalu dilakukan sebagai amalan di malam takbiran. Apalagi masyarakat Indonesia selalu memperingatinya dengan berbagai kegiatan yang sangat ramai.

Takbir dilakukan terus menerus setelah melaksanakan salat maghrib,isya dan setelah salat Idul Fitri. Takbiran tidak hanya dilakukan didalam masjid saja, namun bisa dilakukan diluar,mengelilingi kompleks dan bisa dilakukan dirumah aja.

Lafal Takbir :

“Allahu Akbaru Allahu Akbar, La ilaha illallahu wallahu Akbar, Allahu akbaru wa lillahil-ham”

Yang artinya: (Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, tiada tuhan kecuali Allah, Allah Maha Besar, Allah Maha Besar, segala puji milik Allah)

Ketika melaksanakan amalan di malam takbiran berarti kita sebagai umat islam telah menyampaikan ungkapan rasa syukur kepada Allah SWT dengan berbagai kemudahan yang ia berikan dalam menjalankan ibadah puasa. Amalan dimalam takbiran memiliki keutamaan sebagai ampunan, membebaskan dari api neraka dan sekaligus harapan ibadah yang diterima oleh Allah SWT. Takbiran juga bisa dijadikan salahsatu sarana untuk mendekatkan diri kepada yang maha kuasa.

Dari penjelasan di atas, bisa disimpulkan mengumandangkan takbir sebagai amalan dimalam takbiran bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja, Jadi tidak perlu bertakbir di masjid saja, namun bisa dilakukan dirumah aja.

Penulis: Dandy Oktora

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here