Beranda Sorot Beragam Aksi Solidaritas Sosial Bangsa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19

Beragam Aksi Solidaritas Sosial Bangsa Indonesia di Tengah Pandemi Covid-19

144
0
Ilustrasi paket donasi untuk korban terdampak Covid-19. (Gambar: Radioidola.com)

SOROT, wartapriangan.com: Jikalau saya peras yang lima menjadi tiga, dan yang tiga menjadi satu, maka dapatlah saya satu perkataan Indonesia yang tulen, yaitu perkataan gotong-royong. Negara Indonesia yang kita dirikan haruslah negara gotong-royong! Alangkah hebatnya! Negara gotong-royong!.

Begitulah penggalan pidato dari bapak proklamator Indonesia, Ir Soekarno. Pada pidato 1 juni 1945, yang saat ini diperingati sebagai hari lahir Pancasila, Soekarno ingin menegaskan betapa pentingnya konsep gotong royong dalam menghadapi segala permasalahan kebangsaan. Hal ini patut kita renungkan kembali, mengingat kita sedang menghadapi berbagai problem kebangsaan, khususnya pandemi Covid-19 yang sangat mematikan.

Sejauh ini Covid-19 telah berdampak luas bagi kehidupan masyarakat, baik secara sisi ekonomi, politik, pendidikan, maupun mental. Dikutip dari cnnindonesia.com, Kementerian Ketenagakerjaan mencatat jumlah pekerja yang terkena pemutusan hubungan kerja (PHK) serta dirumahkan di tengah pandemi Covid-19 sejauh ini mencapai 2.9 juta jiwa.  

Krisis tersebut mengakibatkan sifat gotong royong seperti yang diimpikan oleh Bung Karno muncul kembali ke permukaan. Berikut ini contoh kecil dari berbagai Gerakan dilakukan oleh anak Bangsa Indonesia untuk membantu sesama dalam menghadapi kerisis akibat pandemi Covid-19

1. Gerakan #SalingJaga Hadapi Corona

Flyer Gerakan #SalingJaga Hadapi Corona. (Gambar: Kitabisa.com)

Gerakan #SalingJaga di inisiasi oleh Kordinator Gusdurian Alissa Wahid, bersama Haidar Bagir. Galang dana ini bertujuan untuk membantu ekonomi masyarakat kurang mampu dan para pekerja sektor informal yang menggantungkan penghasilannya dari gaji harian, seperti sopir angkot, tukang ojek online, pedagang keliling, pekerja pariwisata, dan sebagainya.

Dalam penyalurannya, gerakan #SalingJaga berkoordinasi dengan teman-teman Gusdurian dan Gerakan Islam Cinta di berbagai daerah. Hal ini dilakukan agar dapat menjangkau daerah yang lebih luas lagi. Penyaluran akan terus dilakukan secara bertahap untuk masyarakat kecil kurang mampu, buruh, serta para pekerja di sektor informal.

Sejauh ini, dana yang sudah terkumpul oleh Gerakan #SalingJaga adalah sebesar Rp 5.667.408.377 dari target Rp 6.000.000.000. Bahkan, Narasi TV yang menyelenggarakan konser musik #dirumahaja mempercayakan penyaluran dana yang didapatkannya kepada GUSDURian Peduli dengan nominal lebih dari Rp2 miliyar.

Selain itu donasi juga datang dari berbagai pihak seperti Benih Baik, Metro Group, Sunpride, Perkumpulan INTI, Arif-Tipang, DMTK, KitaBisa-Basket, Garam Refina, MATAKIN, PT Gadjah Tunggal, Bina Desa, Perkumpulan Prakasa, TAO, Alumni St Louis, KARA, Yayasan Harapan Tama, Buddhist Education Centre, Metta School, Perkumpulan Longevitology, GKI Gejayan, dan banyak sekali individu atau kelompok yang langsung memberi sumbangan ke posko-posko di daerah.

Kamu masih bisa berdonasi untuk bantu tenaga kesehatan dan pekerja informal melawan virus corona dengan donasi di galang dana #SalingJaga melalui laman kitabisa.com.

2. Rachel Vennya

Flyer gerakan galang donasi Rachel Vennya. (Gambar: Kitabisa.com)

Rachel Vennya merupakan satu dari beberapa selebriti yang melakukan aksi sosial berupa penggalangan dana. Kegiatan tersebut dilakukan oleh Rachel Vennya dalam upaya membantu sektor kesehatan, dengan mempergunakan dana tersebut untuk menyediakan masker, hand sanitizer, sarung tangan plastik, dan alat perlindungan lainnya untuk tenaga kesehatan di rumah sakit rujukan Covid-19 dan keluarganya, serta memberikan bantuan keseharian untuk pekerja sektor informal.

Sejak tanggal 19 Mei 2020, dana tersebut telah terkumpul sebanyak Rp 9.178.888.893 dari target Rp. 10.000.000.000 lewat laman kitabisa.com. Sobat warta priangan apabila berminat untuk berdonasi bisa mengakses laman kitabisa.com.

3. Nutrisi Garda Terdepan

Ilustrasi gerakan penggalangan dana Garda Terdepan. (Foto: Medcom.id)

Tingginya beban kerja tenaga medis akibat Covid-19 berdampak pula pada menurunnya imunitas. Oleh karena itu Nutrisi Garda Terdepan fokus untuk menyediakan konsumsi yang cukup untuk tim medis yang saat ini berdiri di garda terdepan.

Nutrisi Garda Terdepan melakukan galang dana melalui beberapa saluran seperti kitabisa.com, benihbaik.com, dan juga via transfer. Dana yang terkumpul akan disalurkan untuk membantu memenuhi nutrisi tenaga  kesehatan dengan menyediakan makanan bergizi, susu, dan vitamin.

Sejak tanggal 19 Mei 2020, telah terkumpul Rp. 2.410.731.166 dari target Rp. 4.100.000.000. bagi sobat warta priaangan yang berminat untuk berdonasi bisa mengakses lama kitabisa.com.

4. Kawalcovid19.com

Flyer gerakan galang donasi Kawal Covid-19. (Gambar: whiteboardjournal.com)

Situs kawalcovid19.com merupakan media online sebagai sumber informasi masyarakat yang pembuatannya hasil inisiatif serta sukarela warganet Indonesia pro-data, yang terdiri dari praktisi kesehatan, akademisi, dan profesional.

Inisiatif tersebut diluncurkan karena keprihatinan atas kesimpangsiuran data dan informasi yang beredar di Indonesia, khususnya mengenai pandemi Covid-19. kawalcovid19.com memiliki 3 (tiga) esensi isi: Informasi, Verifikasi, dan Edukasi. Kawalcovid19.id juga menciptakan inisiatif terkait yaitu Lapor Covid 19 dan kawalrumahsakit.id.

5. Didi Kempot

Ilustrasi musisi terkenal Didi Kempot. (Foto: Liputan6.com)

Sebelum mengembuskan napas terakhir, mendiang Didi Kempot sempat menggalang donasi untuk masyarakat yang terdampak langsung pandemi Covid-19, melalui acara bertajuk “Konser Amal dari Rumah” yang disiarkan langsung oleh Kompas TV.

Konser tersebut berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp 7,6 miliar. Donasi telah disalurkan ke empat lembaga yakni Lazis NU, Laziz Muhammadiyah, Jaringan lintas Iman untuk Covid (JIC), serta Sobat Ambyar. Rest In Peace Legend!

6. Live Stream Fest

Flyer gerakan galang donasi Live Stream Fest. (Sumber Gambar: Kompas.com)

Live Stream Fest merupakam event yang berbasis digital dengan berbagai macam event seperti musik, talkshow, workshop, komedi, experience, cooking, dan lain sebagainya.

Live Stream Fest volume pertama telah diberlangsungkan pada tanggal 4 dan 5 April 2020, yang diawali dengan para penggerak industri memberikan pandangan terhadap dunia industri di Indonesia selama Covid-19 hingga pandangan dari pejabat negara terkait dampak Covid-19 pada berbagai bidang.

Melihat respon positif dari masyarakat, Ben Soebiakto, yang merupakan salah satu penggagas event Live Stream Fest, bersama dengan tim memutuskan untuk mengadakan volume dua dan kemudian volume tiga.

Faktanya sejak Live Stream Fest volume dua, dana yang sudah terkumpul mencapa Rp. 553.732.088. Live Stream Fest bekerja sama dengan berbagai pihak dengan tujuan untuk memberikan bantuan berupa sembako serta bantuan bersifat dana segar bagi mereka yang membutuhkan selama masa pandemi Covid-19, agar tetap di rumah.

Informasi di atas merupakan sedikit dari banyaknya gerakan atau aksi sosial yang dilakukan masyarakat Indonesia. Semua kalangan dan profesi bersatu dan bergotong-royong untuk membantu sesama.

Gerakan tersebut menandakan bahwa bangsa ini masih menjunjung tinggi semangat kolektifitas atau gorong-royong, mari kita mengoptimalkan peran kita, sesuai dengan kapasitas serta keahlian masing-masing dalam upaya membebaskan Indonesia dari belenggu pandemic Covid-19.

Penulis: Fanet Bonatama S

Editor: Rizwan Fauzi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here