Beranda Berita Ditengah Pandemi Covid-19, SMAN 2 Purwakarta Gelar “Smatren Ramadan” Secara Daring

Ditengah Pandemi Covid-19, SMAN 2 Purwakarta Gelar “Smatren Ramadan” Secara Daring

74
0
Flyer kegiatan Smatren Ramadan SMAN 2 Purwakarta. (Foto: Istimewa)

Berita-Purwakarta, wartapriangan.com: Pandemi COVID-19 bukan menjadi alasan untuk menghentkan berbagai aktivitas persekolahan, baik yang bersifat akademik maupun non akademik. Sudah 2 (dua) bulan lebih Indonesia dibelenggu oleh virus tersebut. Sehingga mengakibatkan kegiatan belajar-mengajar yang biasa dilakukan sekolah kini harus dilakukan dari rumah secara daring (online).

Fenomena tersebut cukup merubah kebiasaan, strategi serta mekanisme belajar siswa. Faktanya dalam bulan ramadhan biasanya setiap sekolah dengan rutin mengadakan kegiatan pesantren kilat, agar meningkatnya kapasitas keimanan dan ketakwaan peserta didik.

Pada bulan Ramadan 1441 H ini memang kondisi yang cukup berbeda, situasi pandemi COVID-19 mengakibatkan beberapa sekolah berinisiatif untuk tetap mengadakan pesantren kilat yang tentunya dilakukan secara daring. Termasuk SMAN 2 Purwakarta yang mengadakan kegiatan “Smatren Ramadan” yang dilaksakanan selama 18 hari yang dimulai pada 27 April sampai dengan 20 Mei 2020.

Kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka meningkatkan wawasan keagamaan dan praktik keagamaan Islam selama mereka dirumah yang juga sebagai implementasi dari visi Jawa Barat yakni Jabar Juara Lahir Batin.

Selain kegiatan Smartren Ramadaan diadakan pula kegiatan “Smanda Ramah” #Ramadhan At Home 1441 H yang diinisiatifkan oleh OSIS SMAN 2 Purwakarta dengan tema “muamalah” yaitu memperkuat ukhuwah islamiyah antar sesama siswa.

Kegiatan ini berupa lomba antar siswa serta antar kelas yang dilaksanakan pada tanggal dilaksanakan pada tanggal 11-16 Mei 2020. Kegiatan yang diperlombakan antara lain lomba Kaligrafi, Puisi, Poster, Cerita pendek serta kuis.

Adapun untuk pemenang perlombaannya adalah sebagai berikut:

Untuk lomba poster, Juara pertama dimenangkan oleh kelas Sebelas (XI) MIPA 5, Juara ke-dua dimenangkan oleh kelas Sebelas MIPA 6, dan untuk Juara ke-tiga dimenangkan oleh kelas Sepuluh (X) MIPA 5. Sementara itu untuk lomba Cerita Pendek (Cerpen), juara pertama dimenangkan oleh kelas Sebelas (XI) MIPA 3, juara ke-dua dimenangkan oleh kelas Sebelas MIPA 1, dan juara ke-tiga dimenangkan oleh kelas Sebelas (XI) IPS 3.

Untuk lomba Puisi, juara pertama dimenangkan oleh kelas Sebelas (XI) MIPA 2, juara ke-dua dimenangkan oleh kelas Sepuluh (X) MIPA 4, dan juara ke-tiga dimenangkan oleh kelas Sebelas (XI) MIPA 5. Sedangkan untuk perlombaan Kaligrafi, juara pertama dimenangkan oleh kelas Sepuluh (X) MIPA 4, juara ke-dua dimenangkan oleh kelas Sebelas (XI) IPS 1, dan juara ke-tiganya dimenangkan oleh kelas Sepuluh (X) MIPA 1.

Sementara itu untuk pemenang kuis didapatkan oleh sepuluh orang siswa, diantaranya Dewi Meilani (XI MIPA 6); Qori Cintya (XI MIPA 5); Rizky Syahrul (X MIPA 5); Rio Ramadhai (X MIPA 2); Nafis A. (XI MIPA 4); Julia Prameswari (X MIPA 1); Mayang Amadea (X MIPA 1); Muhammad Raka (X MIPA 2); Aufa Hilma (X MIPA 1); Putri Melyana (XI MIPA 6).

Melalui kegiatan Ramadan tersebut diharapkan mampu menambah wawasan keagamaan dan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam komunikasi pelaksanaan ibadah amaliah Ramadan (Jurnal Ramadan) sehingga terwujudkan siswa yang beriman, bertaqwa kepada Allah SWT, berakhlak mulia, dan taat beribadah.

Pewarta: Karima Nurhardianti

Editor: Agil Nanggala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here