Beranda Edukasi Makanan Serta Minuman Yang Mampu Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi Melanda

Makanan Serta Minuman Yang Mampu Mengurangi Rasa Nyeri Saat Menstruasi Melanda

97
0
Ilustrasi rasa nyeri saat mengalami Menstruasi. Sumber Gambar: Mojok.co

Edukasi, wartapriangan.com: Saat menstruasi datang, mayoritas wanita mengalami banyak keluhan seperti rasa nyeri, kram pada perut dan otot, sakit kepala, bahkan bisa sampai pingsan. Peristiwa tersebut tentu mengakibatkan terganggunya aktivitas sehari-hari serta membuat mood menjadi tidak stabil.

Terjadinya rasa nyeri tersebut disebabkan karena tidak terpenuhinya kebutuhan nutrisi dalam tubuh. Untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi, tidak harus selalu meminum obat pereda nyeri. Tetapi mampu diganti dengan mengkonsumsi makanan dan minuman dibawah ini:

1. Kedelai dan Olahannya

Banyak orang yang belum mengetahui bahwa kandungan isoflavon pada kedelai bermanfaat untuk mengurangi nyeri menstruasi. Olahan dari kacang kedelai yang sering dikonsumsi sehari-hari adalah tempe, selain itu dapat dikonsumsi dalam bentuk susu kedelai. Menstruasi terjadi karena tidak stabilnya hormon estrogen, dengan mengkonsumsi kedelai dan olahannnya dalam jumlah yang cukup maka akan menghambat nyeri saat menstruasi.

2. Dark Chocolate

Dark chocolate terkenal karena bermanfaat mengubah mood menjadi lebih baik yang disebabkan oleh hormon serotonin. Faktanya dalam mengkonsumsi dark chocolate juga dapat membuat relaksasi pada otot karna mengandung magnesium. Dark chocolate dapat dikonsumsi sesuai dengan selera, dapat dikonsumsi langsung atau dibuat menjadi bentuk minuman seperti cokelat hangat.

3. Kunyit

Kunyit biasa dikonsumsi dalam bentuk minuman seperti kunyit asam, karena dapat menambah rasa nikmat ketika minuman tersebut dikonsumsi. Kunyit dapat digunakan sebagai antioksidan dan antiiinflamasi, sehingga cocok untuk dikonsumsi saat nyeri menstruasi karena dapat mengurangi kontraksi otot.

4. Jahe

Faktanya jahe mampu memberikan rasa hangat pada perut sehingga dapat mengurangi rasa mual dan kembung saat menstruasi. Selain itu, jahe juga dapat mengurangi kram pada perut dan cocok dikonsumsi menjadi minuman hangat

5. Teh Hijau

Meminum teh hijau dapat memberikan efek relaksasi sehingga dapat merangsang hormon endorphin untuk memberikan rasa tenang atau rileks dalam tubuh serta mengurangi nyeri saat menstruasi.

Penulis: Ermaniza (Mahasiswa Gizi Poltekkes Bandung)

Editor: Rizwan/WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here