Beranda Edukasi Cara memelihara kelinci yang baik dan benar

Cara memelihara kelinci yang baik dan benar

197
0

Edukasi, wartapriangan.com: Hai sobat wartanimal, pada kesempatan ini kita akan membahas hewan yang menggemaskan yaitu kelinci.Kelinci merupakan hewan yang cocok untuk dipelihara oleh semua kalangan, karena termasuk pada kategori hewan herbivora yang manja. Sebelum kita memelihara kelinci, tentu kita perlu memperhatikan hal berikut ini:

  1. Handling
Sumber Gambar: ilmuternak.com

Pertama perlu kita ketahui, telinga kelinci merupakan bagian yang sensitif karena terdapat begitu banyak syaraf. Sehingga upaya terbaik untuk handling kelinci yaitu dengan cara menarik dari sisi atas punggungnya, lalu menggendongnya, karena kelinci akan mendapatkan ketenangan serta rasa aman. Pada saat membersihkan telinga kelinci, jangan pernah melakukan tarikan pada telinganya, karena mampu mengakibatkan kesakitan.

  • Perawatan bulu kelinci
Sumber gambar: Udfauzi.com

Dalam merawat bulu kelinci, pada dasarnya merupakan upaya yang mudah dan sederhana. Apabila kita belum memiliki keahlian mumpuni dalam memandikan kelinci, lebih baik jangan, karena akan mengakibatkan kelinci terkena gelaja penyakit, bahkan kematian. Kelinci yang dikategorikan pada yang berbulu pendek cukup di jemur saja, serta untuk berkategori bulu panjang cukup dengan menyisir bulunya, saja agar tidak kusut serta gimbal. Menjadi catatan penting dalam memotong bulu kelinci yang gimbal, karena berpotensi kuat dalam menjadi sumber penyakit bagi kelinci terkait.

  • Bentuk Ideal Kandang
Sumber Gambar: Sampulpertanian.com

Perlu diperhatikan “panjang dan luas” dalam membuat atau membeli kandang kelinci,  yang ideal tinggi kandangnya minimal 50 cm, tinggi kaki kandangnya minimal 25 cm, panjangnya minimal 100 cm meter, serta lebar minimal 50 cm (sampulpertanian.com, 2017). Sehingga kelinci tidak kesulitan bergerak serta terhindar dari kebisingan, karena kelinci merupakan hewan yang muda stres. Apabila kandang terbuat dari besi, maka perlu alasnya terbuat dari bahan bambu atau papan kayu,  agar kelinci memiliki tempat dalam mengasah kuku dan giginya.

Penting dalam mempersiapkan wadah makanan kelinci yang tidak mudah hancur. Faktanya kelinci memiliki kebiasaan dalam menggigiti wadah makanannya, wadah minumannya pun terdapat di kandang, serta lebih baik apabila digantungkan pada salah satu peyangga kandang, agar tidak becek serta lembab, guna menghindari kelinci terkena scabies (kudis).

  • Makanan yang aman
Sumber Gambar: Bukareview.com

Perlu diperhatikan, jangan memberi makan kelinci wortel atau kangkung, karna akan berpotensi menimbulkan penyakit diabetes dan kembung, yang mengakibatkan kelinci tersebut mati. Faktanya makanan yang bisa kita berikan kepada kelinci berupa: rumput hay, sayuran segar kecuali wortel dan kangkung, pellet kelinci, serta buah-buahan. Tetapi sayuran dan buah-buahan boleh diberikan saat kelinxi berusia 5 bulan ke atas.

Redaktur: M. Fauzi Fathoni

Editor: Agil Nanggala

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here