Home Bandung Raya Komunitas Diskusi ZOSU Gelar Diskusi Asik tentang Covid-19

Komunitas Diskusi ZOSU Gelar Diskusi Asik tentang Covid-19

227
0
Peserta Diskusi tentang Virus Covid-19 (Corona)

Bandung-Jabar, wartapriangan.com: Masuknya virus corona ke negara Indonesia membuat kepanikan terjadi dibeberapa daerah. Dampak dari itu semua menyebabkan perlakukan berlebihan yang dilakukan masyarakat akibat kepanikan yang terjadi, diantaranya adalah banyak masyarakat yang memborong masker, membeli sembako dengan jumlah berlebih bahkan banyak kasus penimbunan masker dengan memanfaatkan situasi keresahan dan kepanikan dimasyarakat.

Masyarakat yang mengalami kepanikan ini diantaranya disebabkan karena ketidaktahuan dalam menangani, mencegah atau bahkan kurangnya informasi mengenai virus corona. Sehingga pemerintah maupun masyarakat yang memahami tentang virus corona mulai gencar melakukan edukasi maupun sosialisasi tentang virus corona ini.

Selasa, 10 Maret 2020 di cafe vox populi Jl. Gegerkalong Tengah Kota Bandung sebuah komunitas diskusi anak muda membahas fenomena Covid 19 atau virus corona dengan cara yang berbeda, yaitu dibahas dengan suasana santai dan dibumbui dengan komedi-komedi atau banyolan yang khas dari pasangan pembawa acara yang sering dipanggil UDIK (Ucup-Sidik).

Komunitas diskusi itu bernama Zosu (Zona Ngobrolkeun Isu) dengan tagline “Ngomongkeun Isu Teu Kudu Nafsu“, dalam diskusi yang dikemas dengan konsep talkshow Hadir sebagai pemantik diskusi Muchammad Ramdhan M.Pd membahas Covid 19 dari persepekif gejala sosial dan Bayu Setiawan yang merupakan ketua Himpunan Mahasiswa Keperawatan UPI membahas Covid 19 ini dari perspektif kesehatan.

Kegiatan berlangsung dengan lancar dan cair, karena bukan hanya pemateri atau pemantik diskusi melainkan para audiens ikut serta menyampaikan informasi tentang Covid 19 yang mereka pahami dan juga memaparkan pertanyaan terkait penyakit Covid 19 yang masuk dan mulai menjangkit beberapa warga Indonesia.

Sudah 108 negara yang terjangkit virus corona, hal ini juga menyebabkan kecemasan terjadi ditengah-tengah masyarakat Indonesia. Hal ini di ungkapkan oleh Muchammad Ramdhan “Sudah 108 negara salah satunya adalah Indonesia, hal inilah yang membuat kecemasan dimasyarakat” Ujarnya.

Selain itu juga masyarakat tidak perlu panik menyikapi virus corona yang mulai masuk ke Indonesia, agar tidak menimbulkan hal-hal lain yang tidak diinginkan hal ini diungkapkan oleh Bayu Setiawan Ketua Himpunan Mahasiswa Keperawatan UPI ” Jangan Panik karena sistem imun akan menurun dan jika terindikasi virus corona jangan dulu keluar rumah agar tidak menular” jelasnya.

Selain mengupas Covid 19 dari dua perspektif juga dipraktekkan cara memakai masker yang benar dan cuci tangan yang benar baik memakai sabun cuci tangan maupun memakai hand sanitizer. Diskusi yang diikuti 50 Audience ini diakhiri dengan pembagian hadiah bagi para peserta diskusi (Audience)

Diskusi yang diselenggarakan Zosu (Zona Ngobrolkeun Isu) ini merupakan yang kedua kalinya setelah yang pertama membahas fenomena kemunculan raja-raja halu di Nusantara. Zosu merupakan sebuah wadah aktualisasi anak muda dalam mengkaji berbagai fenomena dengan gaya kekinian hal ini diungkapkan oleh Esep Regan Pribadi salah seorang penggagas komunitas Zosu

” Zosu ini merupakan sebuah wadah aktualisasi anak muda dalam mengkaji dan menyikapi berbagai fenomena isu yang terjadi di Indonesia, namun supaya kegiatan diskusi tersebut tidak terlalu kaku maka kami melakukan pendekatan diskusi secara intraktif dibalut dengan candaan sunda yang humoris, mudah mudahan kedepan zosu ini dapat menjadi wadah yang bisa memberikan kontribusi aktif dalam pembangunan corong demokrasi di Indonesia” ujarnya.

Kemudian Restu Adi Nugraha sebagai penggagas ZOSU dalam bidang IT (Informasi dan teknologi) menambahkan bahwa dengan mengandalkan media sosial komunitas ini meyakini bahwa akan terus berkembang dan tentunya memberikan manfaat bagi warga negara muda.

“komunitas ini adalah komunitas diksusi santai di balut dengan rumor masa kini yang tentunya bertujian untuk menarik perhatian audienc agar tidak bosan dalam mendiskusikan sebuah isu, target kegiatan ini ialah warga negara muda tentunya sebagai wadah bergai ilnu dan pengetahuan melalui isu yang di kaji, selain itu, tentunya dengan mengandalkan media sosial komuitas ini meyakini bahwa akan terus berkembang dan tentunya memberikan manfaat bagi warga negara muda” Jelasnya.

Penulis: Risman Nur Hakim / WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here