Home Opini Galuh, Jati Diri Nusantara yang Tak Dikenali dan Tersembunyi.

Galuh, Jati Diri Nusantara yang Tak Dikenali dan Tersembunyi.

379
0

OPINI–Nama Galuh dikenal dalam sejarah Nusantara sebagai kerajaan yang didirikan oleh Wrektikandayun setelah runtuhnya kerajaan Tarumanegara sejak era Hindu-Buddha dan berlangsung tanpa terputus berabad-abad hingga masuknya era kerajaan Islam dan masa kolonial Belanda.

Selain itu, dalam peneliti sejarah Nusantara, nama Galuh pun mencuat sebagai peradaban purba di kaki gunung Slamet. Sebagai sebuah identitas suatu masyarakat yang berlangsung lama, sayang nama Galuh hilang saat Indonesia merdeka.

Tak ada satu daerah yang bernama Galuh dan sebagai identitas masyarakat, Galuh pun tidak menjadi bagian dari keragaman suku atau budaya bangsa di Indonesia.

Sangat tidak mungkin identitas Galuh yang bertahan kuat dalam perubahan zaman tidak memiliki sebuah filsafat kehidupan dalam tatanan masyarakatnya ataupun menciptakan suatu kebudayaan sampai saat nama Galuh hilang di tengah kolonialisme, identitas itu pun mati seketika.

Sekalipun telah berdiri negara Indonesia yang merdeka dan tercatat sebagai bagian dari masa lalunya, identitas Galuh masih diragukan karena cerita yang berkembang di tengah masyarakat masih dipenuhi mitos dan legenda.

Ini menjadi suatu hal yang disayangkan, bangsa yang dianggap besar tidak peduli dengan sejarah dan leluhurnya. Lalu siapakah jati diri Galuh dan di mana kini mereka berada?

Dalam catatan sejarah, tatar Galuh terletak di sebelah timur sungai Citarum hingga kaki gunung Slamet yang kini daerah tersebut masuk dalam dua wilayah provinsi Indonesia.

Bagian barat wilayah Galuh masuk provinsi Jawa barat dan masyarakatnya dianggap orang Sunda, sedangkan bagian timur wilayah Galuh masuk provinsi Jawa tengah dan masyarakatnya disebut orang Jawa. Maka tidak ada lagi yang dikenal sebagai orang Galuh di negara Indonesia.

Mengapa demikian?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here