Home Infografis Mengupas Sejarah Pers di Indonesia

Mengupas Sejarah Pers di Indonesia

126
0
Ilustrasi Perkembangan Pers di Indonesia (Sumber Foto: Istimewa)

INFOGRAFIS, wartapriangan.com: Perkembangan pers di Indonesia terus mengalami perkembangan yang begitu pesat. Saat ini sudah banyak media dan web resmi baru yang muncul, yang menghadirkan berbagai macam informasi dan pemberitaan dari setiap daerah di seluruh Indonesia bahkan sampai belahan dunia.

Perkembangan pers di Indonesia saat ini sebenarnya tidak terlepas dari sejarah bagaimana pers di Indonesia itu muncul. Namun, dengan banyak pers baru yang muncul banyak pula dari mereka yang belum mengetahui bagaimana sejarah pers di Indonesia. Lalu seperti apa sejarah awal mula pers di Indonesia? Simak ulasan berikut yaaa!

Munculnya “Medan Prijaji” pada tahun 1903, dapat dikatakan sebagai surat kabar pertama yang dikelola kaum pribumi. Pada saat itu pemerintah Belanda menyebutnya Inheemsche Pers (Pers Bumiputra).

Pada waktu itu R.M. Tirtoadisuryo menjadi pemimpin redaksinya dan mendapat julukan Nestor Jurnalistik. Ia menyadari bahwa surat kabar merupakan alat yang penting untuk menyuarakan aspirasi masyarakat.

Pada ahirnya 23 September 1999 menjadi tahun keemasan bagi Dewan Pers dan kebebasan pers di Indonesia. Melaui UU Nomor 40 Tahun 1999 tentang Pers, didalamnya disebutkan bahwa perlunya dibentuk Dewan Pers yang independen sebagai upaya mengembangkan kemerdekaan pers dan AJI yang dianggap illegal pada awalnya mulai diakui.

Saat ini, ekses kebabasan pers tak hanya memberikan ruang kemudahan bagi masyarakat untuk mendapatkan informasi secara akurat, tetapi masyarakat juga dapat menyuarakan, mengkritik, memberi pendapat dan apresiasi terhadap sebuah peristiwa yang diberitakan.

Jangan lupa cek juga berita-berita menarik lainnya di instagram @warta.priangan ya…!!

Penulis Narasi : Rizwan Fauzi / WP

Editor Design : Agung Cipto / WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here