Home FEATURE Kopi Aroma, Sang Legendaris Asal Bandung

Kopi Aroma, Sang Legendaris Asal Bandung

193
0
Antrean di Toko Kopi Aroma (Sumber foto: Istimewa)

FEATURE, wartapriangan.com: Pahit, namun enak dan membuat sebagian orang ketagihan, siapa yang tidak kenal dengan minuman yang satu ini? Ya, kopi merupakan salah satu minuman yang paling digemari oleh masyarakat dari berbagai generasi. Tak heran jika bisnis kopi kini merajarela dimana-mana. Rasanya, di setiap sudut kota kalian pasti akan menemukan setidaknya satu kedai kopi.

Ditengah maraknya coffee shop baru yang terus bermunculan, Bandung memiliki toko kopi legendaris yang hingga saat ini masih membuat banyak orang rela mengantre panjang. Bahkan, beberapa orang rela menunggu sebelum toko dibuka. Kopi Aroma, toko kopi yang sudah berdiri sejak tahun 1930 ini menjual biji kopi dan bubuk dari kebun kopi Indonesia mulai dari Sumatera, Jawa, Sulawesi dan Nusa Tenggara. Bertahun-tahun berdiri, Toko Kopi Aroma menjadi saksi bisu perkembangan Kota Bandung dari zaman Belanda hingga kini.

Jika kalian melewati tikungan Jalan Banceuy dan Pecinan Lama, kalian akan mencium harumnya aroma kopi yang berasal dari bangunan tua nan antik di tikungan tersebut. Melalui kaca transparan besar, kalian dapat melihat proses kopi dikemas secara apik sambil menunggu antrian. Kopi yang dijual di Toko Kopi Aroma ini masih mengunakan teknik tradisional yang mereka pertahankan sejak zaman dulu. Mesin roasting kopi yang digunakan pun masih sama dengan yang digunakan pada tahun 1930.

Selain menarik perhatian masyarakat lokal, kopi aroma ini bahkan sudah merambah hingga ke luar negeri loh. Tentu saja, untuk mendapatkan kualitas kopi terbaik, Kopi Aroma harus melewati proses yang tidak sebentar. Setelah dijemur, biji kopi disimpan selama 5 tahun untuk Kopi Robusta dan 8 tahun untuk Kopi Arabika. Setelah disimpan, barulah kopi melakukan proses roasting.

Saat ini, Pabrik Kopi Aroma dipegang oleh generasi kedua, yaitu Bapak Widyapratama. Dikutip dari website resmi kopiaroma.Id, Bapak Widyapratama dan keluarga turun langsung mengolah Kopi Aroma dan menjual langsung di Jalan Banceuy No. 51. Toko Kopi Aroma hanya menjual kopinya di tempat tersebut, tidak membuka cabang, dan tidak menjual secara online. Jadi, bagi kalian yang ingin menikmati enaknya Kopi Aroma ini, bisa langsung kunjungi tokonya di Jl. Banceuy, Bandung.

Penulis : Sufiana Rachman / WP

Editor : Rizwan/WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here