Home Edukasi Pesut Mahakam Terancam Punah

Pesut Mahakam Terancam Punah

112
0
Sumber: Internet

EDUKASI, wartapriangan.com: Irrawady Dolphin atau yang lebih dikenal dengan pesut Mahakam menempati tempat tertinggi dalam daftar satwa Indonesia yang terancam punah menurut peneliti Yayasan Konservasi Rare Aquatic Species of Indonesia (Rasi). Pesut Mahakam diperkirakan kurang lebih sekitar 80 ekor di wilayah sungai Kabupaten Kutai kertanegara.

Lumba-lumba air tawar ini populasinya mulai terganggu dan terus menyusut karen habitatnya yang mulai terganggu disebabkan aktivitas manusia yang tinggi di sungai,sebab pesut Mahakam sendiri tidak mempunyai predator alami di habitatnya. Penyebab dibalik kematian pesut sering disebabkan akibat terjerat jaring nelayan. Namun,beberapa factor lain juga menjadi penyebab diantaranya : limbah dan sampah yang mencemari air sungai Mahakam,tertabrak kapal besar, dansuara deru mesin kapal akibat dari tingginya aktivitasi transportasi serta hilir mudik dari kapal pengangkut batu bara.

Pesut Mahakam merupakan mamalia air yang hidup berkelompok biasanya berisikan 3-6 pesut. Musim kawinya pun setiap 3 tahun sekali pada bulan Desember hingga Juni tetapi dalam satu periode waktu hanya satu anak pesut saja yang akan dilahirkan.

Pesut dewasa memiliki Panjang hingga 2,3 meter dengan berat 130 kg. Pesut Mahakam tidak memiliki moncong seperti lumba-lumba lain dan memiliki sirip di dada yang lebar membundar. Sirip punggungnya berada dibelakang pertengahan punggung belakang yang berukuran kecil dan membundar. Kepalanya berbentuk bulat  dengan mata yang kecil serta warna tubuhnya abu-abu hingga wulung tua.

Dengan ditetapkanya pesut Mahakam sebagai hewan yang terancam punah oleh Badan Konservasi Dunia International (IUCN), kini kelestarian pesut Mahakam tergantung pada masyarakat dan pemerintah serta kerjasama dan komitmen dari setiap pihak terkait. Kebijakan yang pro pada pelestarian dan konservasi pesut harus segera diberlakukan. Semoga pesut mahakam tetap lestari dan menjadi satu keindahan yang selalu dicari di Sungai Mahakam. Gery/WP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here