Home Warta Kuliner Bay Tat: Kue Khas Bengkulu yang Banyak Digemari

Bay Tat: Kue Khas Bengkulu yang Banyak Digemari

179
0
Kue Bay Tat disajikan dengan Secangkir Teh Hangat

BENGKULU, Indonesia: Setiap daerah tentunya memiliki makanan unik dan khas tersendiri, termasuk Provinsi Bengkulu, Indonesia. Salah satu yang khas di Bengkulu ini adalah kue yang bernama Bay Tat. Nama yang cukup unik bukan?

Bay Tat merupakan sejenis roti pipih agak tebal yang dipanggang mirip pizza. Bay Tat terbuat dari terigu, mentega, telur, gula dan santan. Sementara bagian atas roti dilumuri selai nanas ataupun selai kelapa. Kue ini memiliki tekstur yang sedikit keras sehingga ketika dimakan akan renyah dan mendapat rasa manis lembut dari selai nanas.

“Kue ini merupakan jajanan dan oleh-oleh wajib jika berkunjung ke Bengkulu. Rasanya enak dan bentuknya yang bagus jika dijadikan oleh-oleh atau untuk disajikan di acara tertentu. Kue ini memgang peranan penting di masyarakat Bengkulu. Untuk sekarang kue baytat sudah mulai banyak dimodifikasi dalam bentuk cupcake” jelas Sri Suryati, salah satu pembuat kue baytat di Bengkulu.

Kue Bay Tat sekarang dijual denga harga 25 ribu hingga 30 ribu untuk ukuran 14cm kali 14cm. Kue ini mudah ditemukan disepanjang jalan ataupun sentral oleh-oleh di Bengkulu dekat rumah pengasingan Bung Karno di Anggut Atas, Kec. Ratu Samban, Kota Bengkulu, Bengkulu.

Kecintaan masyarakat Bengkulu terhadap Bay Tat membuat makanan ini menjadi simbol pariwisata Bengkulu. Selain banyak dihidangkan pada saat acara kebesaran Bengkulu, Bay Tat juga menjadi oleh-oleh yang paling banyak dicari. Konon Baytat merupakan makanan para raja Bengkulu zaman dulu.Nah, kalau jalan-jalan ke Bengkulu jangan lupa beli Bay Tat ya! (Gery/WP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here