Home Bandung Raya Cafe More, Kafe Viral Dengan Pekerja Penyandang Disabilitas

Cafe More, Kafe Viral Dengan Pekerja Penyandang Disabilitas

134
0
Pengunjung Cafe More Wyata Guna (Sumber Foto: Jabar News)

BERITA BANDUNG, Jawa Barat : Budaya ngopi di Indonesia ternyata sudah jadi kebiasaan turun temurun. Jaman dulu, ngopi emang identik sama yang sudah tua, tetapi anak muda zaman sekarang udah banyak yang suka ngopi bahkan ada yang menjadi hobi.

Berbicara tentang ngopi, untuk masyarakat bandung dan sekitarnya, ada tempat ngopi yang unik dan menarik bernama “Cofe More”. Kafe yang berlokasi di seberang Lapangan Koni, Jl. Pajajaran, Pasir Kaliki, Kec. Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat akhir-akhir ini mendapat perhatian dari warganet. Pasalnya, pekerja dari Kafe yang memiliki nama Cafe More ini adalah para penyandang disabilitas

Diunggah dari salah seorang warganet pengguna Twitter, @wondrouschum, Minggu (12/2/2020) kafe ini memang memiliki keunikan, yaitu para pekerjanya yang merupakan para penyandang disabilitas. Keunikan lainnya adalah para pengunjung kafe ini dituntut untuk mandiri saat memesan makanan di kafe ini, para pengunjung pun disediakan air putih gratis.

“Kakak, terima kasih atas bantuannya untuk memesan dan mengambil orderannya langsung di tempatnya. Karena Barista kami adalah penyandang disabilitas tuna netra,” bunyi tulisan di atas meja pesanan.

Dibalik kafe yang memiliki filosofi “Secangkir Kopi yang Anda Minum Menciptakan Pekerjaan Untuk Para Penyandang Disabilitas” ini ternyata digagas oleh Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung.

Berdasarkan informasi dari situs resmi Kementrian Sosial (Kemensos) kemsos.go.id, kafe ini pun digunakan sebagai laboratorium dan penyaluran kerja Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) program Barista BRSPDSN Wyata Guna Bandung.

Diansir dari situs Kementrian Sosial RI, para pekerja dan barista profesional di kafe ini merupakan bentuk kerja sama antara Kementerian Sosial RI dan Siloam Center for The Blind of Korea yang memberikan perhatiannya pada penyandang disabilitas netra di Indonesia khususnya  di BRSPDSN “Wyata Guna” Bandung. Ini merupakan kesuksesan program rehabilitasi sosial Direktorat Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementrian Sosial RI.

Melalui Balai Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Sensorik Netra (BRSPDSN) Wyata Guna Bandung ini, Kemensos RI terus berkomitmen melahirkan para penyandang disabilitas tuna netra menjadi pribadi yang lebih mandiri.

Penulis : Azis SH

Editor : Admin/WP

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here