Home Priangan Upsa Rahong, Negri di atas Awan Ciamis Utara

Upsa Rahong, Negri di atas Awan Ciamis Utara

329
0

Info Ciamis, Wartapriangan.com: Kabupaten Ciamis, Provinsi Jawa Barat memang memiliki destinasi wisata yang sangat banyak. Tak heran, daerah ini selalu ramai diperbincangkan karena memiliki catatan sejarah panjang sebagai pusat peradaban manusia Kerajaan Galuh. Sebut saja, Puncak Upsa Rahong yang berada di desa Sukajaya, Rajadesa Kabupaten Ciamis, dijuluki sebagai negeri dongeng di atas awan mampu menyedot perhatian para wisatawan domestik maupun mancanegara.

Secara panorama alam, puncak Upsa ini memiliki view yang exsotis. Di pagi hari, kita bisa melihat negri di atas awan serta indahnya gunung ciremai. Sore harinya, kita akan disuguhkan indahnya langit saat matahari terbenam, dan tidak kalah indah pemandangan malam hari pun sangat exsotis, karena desa ini berada di perbatasan antara kabupaten kuningan dan ciamis, maka malam hari kita akan disuguhkan indahnya kota selajamber kuningan dari atas.

Walaupun baru di beri sentuhan kecil oleh pengurus pemuda setempat, tetapi ke lokasi ini sudah banyak wisatawan yang berdatangan sehingga mau tidak mau desa dan masyarakat setempat harus berbenah agar terlihat rapih dan lebih menarik.

Kemudian untuk wisatawan yang jauh dan berminat untuk berkunjung tidak perlu repot berangkat subuh untuk melihat nrgri diatas awan karna tempat ini juga memiliki lokasi camping yang bagus serta terdapat rumah2 penduduk yang siap untuk dijadikan rumah singgah/home stay.

Selain potensi pemandangan alamnya yang indah, Puncak Upsa Rahong juga memiliki nilai historis tinggi yang konon katanya erat kaitan nya dengan sasak cirahong dan kerajan pajajaran. Destinasi wisata yang masih alami dan belum mendapatkan perhatian khusus dalam pengembangannya tersebut dipercaya merupakan tempatnya para Raja Kerajaan Galuh.

Di Upsa terdapat pula Satu makam yg konon merupkan salah satu bagian dari tubuh bupati Rahong yg dulu kalah dalam perebutan kekuasaan oleh bupati Galuh, jika kita masuk ke tempat makam tersebut kita bisa melihat tebing yang sangat curam dan sangat mengerikan,tetapi mengasyikan

Berdasarkan tradisi lisan, masyarakat disana meyakini tempat tersebut merupakan tempat para resi dan raja kerajaan Galuh yang masih misteri. Tentu hal ini perlu ada kajian lebih lanjut dari kaum akademisi atau pakar sejarah untuk mengungkap fakta yang dimiliki destinasi wisata tersebut. (AW/WP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here