Home Info Warta Siangnya Gerhana Matahari Cincin Sorenya Langsung di Hilalin

Siangnya Gerhana Matahari Cincin Sorenya Langsung di Hilalin

355
0

Wartapriangan.com: Hari ini, Kamis (26/12/2019) beberapa wilayah di Indonesia mengalami fenomena gerhana matahari cincin tak terkecuali Jawa Barat. Adapun, fenomena gerhana matahari di Jawa Barat termasuk Kota Bandung tersebut dimulai pukul 10.46 WIB. Puncak gerhana terjadi pada pukul 12.38 WIB. Sementara akhir gerhana terjadi pada pukul 14.24 WIB.

Mengutip dari laman bmkg.go.id/, Gerhana Matahari Cincin terjadi ketika Matahari, Bulan, dan Bumi tepat segaris dan pada saat itu piringan Bulan yang teramati dari Bumi lebih kecil daripada piringan Matahari. Akibatnya, saat puncak gerhana, Matahari akan tampak seperti cincin, yaitu gelap di bagian tengahnya dan terang di bagian pinggirnya.

Wilayah yang terlewati jalur cincin pada GMC 26 Desember 2019 adalah Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, Oman, India, Srilangka, Samudra India, Singapura, Indonesia, Malaysia, dan Samudera Pasifik. GMC 26 Desember 2019 ini dapat diamati di sedikit Afrika bagian Timur, seluruh wilayah Asia, Samudra India, Australia bagian Utara, dan Samudera Pasifik berupa Gerhana Matahari Sebagian.

Selain terjadi fenomena Gerhana Matahari Cincin (GMC), Kamis (26/12/2019) juga akan terjadi Penentuan Awal Bulan Jumadal Ula 1441 H pada sore ini hingga malam. Penentuan awal bulan Hijriah ini sangat penting bagi umat Islam dalam penentuan awal tahun baru Hijriah, awal bulan Ramadlan, hari raya Idul Fitri dan hari raya Idul Adha.

Berdasarkan informasi dari laman bmkg.go.id/, Keteraturan peredaran Bulan dalam mengelilingi Bumi, dan Bumi dengan Bulan dalam mengelilingi Matahari memungkinkan manusia untuk mengetahui penentuan waktu. Salah satu penentuan waktu adalah penentuan awal bulan Hijriah yang didasarkan pada peredaran Bulan mengelilingi Bumi.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebagai institusi pemerintah salah satu tupoksinya adalah memberikan pelayanan data tanda waktu dalam penentuan awal bulan Hijriah. Untuk itu, BMKG menyampaikan informasi Hilal saat Matahari terbenam, pada hari Kamis, tanggal 26 Desember 2019 M sebagai penentu awal bulan Jumadal Ula 1441 H.

Informasi yang disampaikan meliputi :

1. Waktu Konjungsi (Ijtima’) dan Waktu Terbenam Matahari

2. Peta Ketinggian Hilal

3. Peta Elongasi

4. Peta Umur Bulan

5. Peta Lag

6. Peta Fraksi Illuminasi Bulan

7. Objek Astronomis Lainnya yang Berpotensi Mengacaukan Rukyat Hilal

8. Data Hilal saat Matahari Terbenam untuk Kota-kota di Indonesia

Adapun untuk informasi lebih jelasnya mengenai Prakiraan Hilal Saat Matahari Terbenam Tanggal 26 Desember 2019 M (Penentu Awal Bulan Jumadal Ula 1441 H) bisa di akses langsung melalui laman berikut:  https://www.bmkg.go.id/hilal-gerhana/. (Admin/WP)

Sumber Informasi Data: https://www.bmkg.go.id/

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here