Home Pantura Pemkab Kuningan Gelar Replikasi Inovasi Desa, Ini Tujuannya

Pemkab Kuningan Gelar Replikasi Inovasi Desa, Ini Tujuannya

81
0

BERITA, KUNINGAN-Jabar: Guna mendorong dan memotivasi desa untuk berinovasi dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan dalam mengembangkan inovasi program berkelanjutan TPID Kecamatan Cidahu, Kabupaten Kuningan, Jabar yang didampingin oleh pendamping desa gelar Replikasi Inovasi Desa.

Giat yang dilakasanakan di Aula Kecamatan Cidahu Pemerintah Kabupaten Kuningan, Jabar, Senin (16/12/19) kemarin ini dibuka langsung oleh Camat Kecamatan Cidahu, Rusmiadi dan didamping oleh Sekmat, Kasi Pemerintahan, serta Kasi PPM Kecamatan.

Dalam sambutanya Rusmiadi, menyampaikan bahwa giat  Replikasi Program Inovasi Desa tersebut bertujuan untuk mendorong dan memotivasi kepada desa untuk berinovasi dalam bidang pembangunan dan kemasyarakatan. Sehingga ke depan semua desa telah mengembangkan inovasi program berkelanjutan di desanya masing-masing.

“Kami pemerintah Kecamatan tidak hentinya terus memotivasi kepada Desa Desa yang ada pada ruang lingkup Kecamatan Cidahu untuk terus berinovasi dalam mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam sebagai upaya memelihara keberlangsungan hidup masyarakat desa dengan program inovasi yang berkelanjutan”, terangnya.

Kegiatan Replikasi Program Inovasi Desa di hadiri oleh dua orang perwakilan dari 12 Desa yang ada di Kecamatan Cidahu dengan menghadirkan narasumber dari Penyedia Peningkatan Kapasitas Teknis Desa (P2KTD) dalam Program Inovasi Desa.

Lembaga profesional yang akan menjadi mitra desa dalam implementasi jasa keahlian teknis tertentu di bidang Pengembangan Ekonomi Lokal dan Kewirausahaan, Pengembangan Sumber Daya Manusia, dan Infrastruktur Desa.

Salah seorang PLD (pendamping lokal desa), Sri Ekasari menyampaikan kepada Tim Wartapriangan.com bahwa Kegiatan Replikasi Inovasi Desa merupakan bagian tahapan dari Program Inovasi Desa Tahun 2019 yang di luncurkan oleh Kemendes PDTT.

“Replikasi ini di selenggarakan untuk pertukaran pengetahuan dan menemukan pengalaman terkait inovasi antar desa. Agar desa bisa berkembang dan berinovasi. Harapan saya kedepan dengan adanya kegiatan ini desa bisa lebih maju baik di bidang pengembangan ekonomi, SDM maupun infrastuktur”, tuturnya. (Yos/WP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here