Home Bandung Raya Kongres GMNI XXI di Ambon, Dinilai Tak Sesuai Marwah

Kongres GMNI XXI di Ambon, Dinilai Tak Sesuai Marwah

192
0

Berita Bandung-Jawa Barat, Wartapriangan.com: Ketua DPC GMNI Bandung, Jawa Barat, Muh Bachroen Ilham, mengatakan kongres kemaritiman GMNI XXI Ambon 2019 seharusnya menjadi forum tertinggi di dalam internal organisasi GMNI.

Hal tersebut dimaksudkan untuk mengevaluasi tindak tanduk GMNI secara nasional dalam menentukan arah pergerakan GMNI selama 2 tahun (1 periode) ke depan. Tetapi dianggap tidak sesuai dengan tujuan.

“Kami mengapresiasi betul kawan-kawan panitia lokal yang dengan maksimal melayani para peserta Kongres Kemaritiman GMNI XXI Ambon 2019. Namun kami sangat menyayangkan adanya konflik-konflik di dalam forum yang seharusnya tidak terjadi dan kami menilai bahwa hal tersebut sangat jauh dari nilai ideologis yang selama ini digembar-gemborkan oleh kader GMNI,” ungkap dia dalam siaran persnya, Kamis (05/12).

Menurut dia, seharusnya forum tertinggi tersebut harus menjadi arena untuk bertarung ide dan gagasan para delegasi utusan DPC/DPD dari setiap daerah. Selain itu pula pertarungan itu dilakukan dengan musyawarah mufakat.

Bagi dia, forum kongres bukan tentang siapa yang suaranya paling keras, tetapi forum kongres ini harus memunculkan siapa yang kemudian bisa memberikan Ide dan gagasan guna memberikan solusi kongkrit untuk menjawab permasalahan yang dihadapi Bangsa Indonesia pada hari ini.

“Bukan malah fokus suksesi salah satu kandidat dengan menghalalkan segala cara, termasuk dengan menganulir hasil penetapan peserta Kongres dengan alasan banyak DPC/DPD yang masih bermasalah dalam internal DPC/DPDnya masing-masing. Dimana letak wibawa organisasi ketika menetapkan peserta saja masih labil,” tegasnya.

Bachroen Ilham, mengemukakan bagaimana dinamika organisasi yang terjadi di Ambon, itu akan menjadi pengalaman bagi pihaknya baik secara personal maupum organisasi.

“Apalagi Bandung dipercaya akan menjadi Tuan Rumah Kongres XXII yang akan datang, sehingga dengan dukungan kawan marhaenis se-Indonesia, mari kita jadikan Bandung sebagai contoh kongkrit bagaimana seharusnya arena Kongres GMNI menjadi Arena untuk bertarung ide dan gagasan,” kata dia.

Lebih lanjut dia mengucapkan selamat kepada Bung Arjuna Putra Aldino dan Bung M. Ageng Dendy yang telah terpilih sebagai Ketua Umum dan Sekjend DPP GMNI yang akan memimpin GMNI selama 2 tahun ke depan.

Bachroen Ilham berharap penuh kepada pimpinan yang terpilih, agar dapat menyelamatkan dan membangun organisasi dan juga semoga kedepannya, dinamika yang kurang substansial dapat diminimalisir bahkan dihilangkan dari tubuh GMNI.

“Bagi kami organisasi yang besar seperti GMNI harus mampu membuktikan tidak hanya kepada Bangsa dan Negara, melainkan kepada dunia bahwa GMNI tetap setia berjuang bersama rakyat dan akan terus berjuang bersama rakyat,” pungkasnya. (adm/WP)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here