Sosialisasi Germas, Bentuk Peduli Kesehatan Satgas TMMD ke 106 di Pangandaran

0 46

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Pemerintah Kabupaten Pangandaran sedang gencar mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) kepada masyarakat.

Momen ini ditangkap Tim Satgas TMMD ke 106 di wilayah teritorial Kodim 0613 Ciamis, yang sedang bertugas di Desa Parakanmanggu, Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran, untuk ikut membantu mensukseskan program tersebut.

Untuk kegiatan Non Fisik, Satgas TMMD 106 pun menggelar Sosialisasi Hidup Sehat untuk pembinaan Kader Posyandu, Fatayat dan Muslimat.

Camat Parigi, Edih Saprudin menyampaikan ibu-ibu kader harus jadi contoh dalam berperilaku hidup sehat.

“Perilaku hidup sehat, semestinya dimulai dari keluarga masing-masing. Keluarga adalah benteng terkecil di masyarakat,” ungkapnya.

Dalam kesempatan yang sama Danramil 1321/Parigi Kapten Arh Usep Komarudin berharap, warga Desa Parakanmanggu bisa memaksimalkan dan memanfaatkan kegiatan Non Fisik yang diselenggarakan Satgas TMMD 106 ini serta menyerap materi yang disampaikan pada sosilasi tersebut.

Sebagai narasumber di Kegiatan Sosialisasi Hidup Sehat menghadirkan Kabid Kesmas Dinas Kesehatan Kab. Pangandaran, Sobirin, yang membeberkan tentang Germas.

Menurutnya, Germas sendiri bisa diartikan merupakan suatu tindakan terpadu dan terencana yang dilakukan secara sendiri, kelompok maupun bersama-sama oleh seluruh komponen bangsa dengan kesadaran, kemauan dan kemampuan secara maksimal berperilaku hidup sehat dalam rangka meningkatkan kualitas hidup yang lebih baik.

“Sesuai Inpres No. 1 Tahun 2017 pada awalnya dilatar belakangi oleh penyakit menular pada tahun 1990 an namun pada 2015 berubah paradigma dan berpindah menjadi penyakit tidak menular,” terangnya.

Sesuai program Germas, lanjutnya, masyarakat dihimbau agar melaksanakan kegiatan fisik minimal 30 menit setiap hari dengan tujuan mencegah berbagai penyakit dan menjaga kebugaran badan.

“Selain itu mengkonsumsi buah dan sayur adalah cara lain menjaga kesehatan dan kebugaran,” terang Sobirin. (Iwan Mulyadi/WP)

(Total dibaca 36 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan