Puluhan Anggota Satpam di Pangandaran Ditempa Berbagai Kemampuan

0 113

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Puluhan Satuan pengamanan (Satpam) di bawah naungan PT Garuda Braja Sakti mengikuti pelatihan penanganan kebakaran dalam gedung dan evakuasi bencana serta keselamatan kerja, Selasa (8/10/2019).

Direktur PT Garuda Braja Sakti Rohmat Santoso mengatakan, pelatihan ini penting untuk menambah ilmu maupun peningkatan kemampuan dalam menjalankan tugas sebagai petugas keamanan.

“Setelah menerima pelatihan ini, para satpam akan tahu langkah-langkah yang akan diambil bila menemukan suatu kejadian,” ujarnya.

Rohmat menyampaikan, dalam kegiatan ini pihaknya menggandeng Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Dinas Ketenagakerjaan, Industri dan Transmigrasi Kabupaten Pangandaran.

“Untuk pemberian materi maupun praktek, disampaikan langsung oleh ahli di bidangnya,” ungkapnya.

Menurutnya, pelatihan tersebut dilaksanakan untuk meningkatkan kapasitas para personil Satpam yang bernaung di PT Garuda Braja Sakti.

“Ini penting sekali dimiliki oleh setiap Satpam, apalagi wilayah Pangandaran itu termasuk daerah yang rawan bencana,” tuturnya.

Dikatakannya, dalam pelatihan tersebut, para Satpam tidak hanya mendengarkan teori-teori yang disampaikan oleh narasumber, namun langsung mempraktekannya.

Selain pelatihan penanganan kebakaran dan evakuasi kebencanaan, menurutnya, Satpam dibawah naungan PT Garuda Braja Sakti, sebelumnya juga telah mengikuti pelatihan Gada Pratama dari Kepolisian sehingga memiliki kemampuan sebagai anggota satuan pengamanan yang merupakan kepanjangan tangan dari Kepolisian.

Selain itu, jelas Rohmat, setiap dua minggu dalam satu bulan selalu diberikan pembinaan. Baik pembinaan disiplin anggota maupun pembinaan terkait tugas pokok sebagai anggota Satpam.

“Untuk pembinaan ini, kita libatkan langsung TNI dan Polri,” ujarnya.

Rohmat juga mengungkapkan, di era sekarang ini bidang keamanan bukan saja mengenai bagaimana mengambil tindakan untuk mencegah atau menangani pelaku kriminal.

“Dalam keseharian memberikan pelayanan dan kenyamanan, itu jauh lebih penting,” ujar Dia. (Iwan Mulyadi/WP)

(Total dibaca 96 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan