Pelajar Aliyah Madrasah Ibadul Ghofur Rajadesa Sambut Antusias Tim Sosialisasi Sensus Penduduk 2020

0 62

wartapriangan.com, OPINI. Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) sudah semakin dekat. Sosialisasi dan edukasi tentang Sensus Penduduk ini terus digaungkan seluas mungkin di tengah masyarakat.

Masyarakat tidak hanya ditargetkan mengetahui informasi tentang kegiatan Sensus Penduduk Tahun 2020 juga berpartisipasi aktif di dalamnya.

Ada dua cara Sensus Penduduk yang akan dilaksanakan pada Tahun 2020. Pertama Sensus Online yang akan diselenggarakan pada bulan Februari-Maret 2020.

Pada cara ini masyarakat dan anggota keluarganya diminta mengisi data diri secara mandiri melalui web/link: sensus.bps.go.id.

Ada sekitar 21 pertanyaan yang harus diisi di tautan tersebut. Kemudian Sensus Wawancara yang akan dilaksanakan pada bulan Juli 2020.

Dengan cara ini para petugas sensus akan mendatangi penduduk secara door to door untuk wawancara.

Badan Pusat Statistik diberikan amanah oleh Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 dan Resolusi United Nations Tahun 2020 untuk melaksanakan kegiatan ini.

Kick off yang dilakukan BPS Pusat tanggal 26 September lalu menjadi gong pembuka sosialisasi SP2020.

Berbagai strategi efektif di susun oleh Tim Markas Koordinasi SP2020 agar semakin banyak masyarakat yang mengetahui Sensus Penduduk 2020. Mulai dari Sosialisasi di dunia maya melalui penyebaran konten-konten SP2020. Juga dengan “on the spot” mendatangi objek-objek potensial dari partisipan sensus penduduk seperti sekolah, kampus dan lembaga lainnya.

Tak terkecuali BPS Kabupaten Ciamis. Melalui Tim Markas Koordinasi Sensus Penduduk 2020 (MAKO SP2020) gencar melakukan sosialisasi SP2020 ke berbagai segmen dan kalangan.

Setelah sebelumnya sukses membidik segmen mahasiswa STIKes Muhammadiyah Ciamis dalam acara “BPS goes to Campus”.

Pada hari Senin (7/10/2019) BPS Kabupaten Ciamis menggelar “BPS Goes to School” dengan menyambangi Madrasah ‘Aliyah (MA) Ibadul Ghofur yang bertempat di Kecamatan Rajadesa Kabupaten Ciamis.

Sekolah yang memiliki siswa sekitar 360 orang ini merupakan sekolah Madrasah Aliyah Swasta dengan jumlah murid terbesar di Kabupaten Ciamis.

Sasaran yang dibidik kali ini adalah segmen siswa Sekolah Menengah Atas yang notabene terbiasa menggunakan gadget dan internet dalam keseharian mereka.

Tidak adanya aula/ruangan yang cukup besar untuk menampung para siswa/siswi. Tidak menyurutkan rekan-rekan Tim MAKO SP 2020 BPS Kabupaten Ciamis untuk mengedukasi siswa/siswi perihal Sensus Penduduk.

Tim MAKO SP2020 berinisiatif membagi tim menjadi beberapa tim kecil. Terhitung sekitar 17 personil Tim MAKO SP2020 BPS Kabupaten Ciamis yang diterjunkan ke sekolah ini.

Tim kecil inilah yang menyambangi setiap ruangan kelas dengan memberikan materi kepada para siswa/siswi tentang Sensus Penduduk 2020 di sela waktu istirahat jam belajar.

Cara ini cukup efektif sehingga materi sosialisasi dapat disampaikan lebih fokus dan mudah dicerna oleh siswa/siswi.

Materi yang disampaikan mencakup apa itu sensus penduduk, tujuan dan sasarannya. Metode/cara yang digunakan dalam pendataan Sensus Penduduk 2020 serta memperkenalkan variabel-variabel pertanyaan yang harus diisi oleh penduduk saat sensus online nanti.

Suasana keakraban terjalin antara tim dan para siswa/siswi. Para siswa terlihat antusias menyimak paparan para tim di masing-masing kelas. Tidak sedikit dari mereka yang minta berpose bersama tim.

Dewan guru dan jajaran pengurus yayasan sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan siap berpartisipasi dalam Sensus Penduduk 2020.

Melalui sosialisasi ini, harapannya para siswa mengetahui akan adanya Sensus Penduduk dan lebih jauh lagi memahami peran penting mereka dalam Sensus Penduduk nanti.

Dalam kesempatan ini juga, diharapkan siswa dapat menyampaikan informasi yang mereka peroleh kepada orang tua, kerabat dan teman-temannya sehingga masyarakat mengetahui dan ikut berpartisipasi untuk bersama-sama menyukseskan Sensus Penduduk di Tahun 2020 nanti.

Penulis : Roni Yuniawan (KSK Kecamatan Kawali/Humas BPS Kabupaten Ciamis)

(Total dibaca 56 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan