Polres Banjar Berinovasi, Luncurkan Program Citanduy

0 58

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Untuk mencegah kenakalan remaja, dan menangkal masuknya paham radikalisme ke pelajar, Jajaran Polres Banjar, berinovasi meluncurkan Program Citanduy yakni “Cinta NKRI, Anti Narkoba, Disiplin Lalu Lintas, UuuYyy!!’.

Kepolisian Polres Banjar, dalam menjalankan Program Citanduy, bekerjasama dengan sekolah, tokoh masyarakat, tokoh agama, dan tokoh pemuda, BNN, dan Pemerintah Kota Banjar.

Program ini berbentuk edukasi dengan mendatangi sekolah yang ada di wilayah Kota Banjar, memberikan pencerahan, bedah buku, dan tentang lalu lintas kepada para pelajar.

“Sebelumnya kita melakukan kondisioning melalui Program Citanduy ini, sekarang setelah dilaunching kita melakukan penguatan. Edukasi dengan aksi nyata bicara tentang bahaya narkoba,” ujar Kapolres Banjar, AKBP., Yulian Perdana, S.I.K., usai kegiatan Launching Program Citanduy, di halaman Mapolres Banjar, Jumat (04/10/2019).

Kapolres Banjar, menjelaskan lahirnya Program Citanduy, melihat situasi saat ini Pancasila terus diuji.

“Banyak paham yang menyerang tidak sesuai dengan spiritualitas dan fitrah orang Indonesia. Seperti paham radikal, khilafah, dan separatisme. Jadi kami ingin mengingatkan kembali generasi muda, supaya tidak buta sejarah. Pancasila bukan hanya dasar negara saja, tapi cara hidup kita,” ungkap Kapolres

Program Citanduy ini perlu dilakukan untuk menangkal paham tersebut masuk kepada para pelajar. Karena kaum milenial saat ini sangat gampang terprovokasi dan termakan hoaks. 

Selain itu, melaluinya Program Citanduy ini dapat mencegah pelajar terpapar bahaya narkoba. Kepolisan Polres Banjar bekerjasama dengan BNN Kabupaten Ciamis-Banjar. Juga menyadarkan pelajar akan pentingnya keselamatan dalam berlalu lintas. Karena saat ini angka kecelakaan didominasi oleh usia produktif salah satunya pelajar. 

“Mulai dari Banjar, kita tingkatkan disiplin berlalu lintas. Bukan hanya takut polisi atau patuh lalu lintas, tapi lebih berpikir tentang keselamatan bagi sendiri dan orang lain,” ucapnya. 

Target dari Program Citanduy ini timbul kesadaran dari para pelajar akan cinta NKRI, menjauhi narkoba dan tertib dalam berlalu lintas dengan mementingkan keselamatan. 

Terpisah, Wali Kota Banjar, Dr., Hj., Ade Uu Sukaesih., S.Ip., M.Si., menyambut baik Program Citanduy yang diluncurkan oleh oleh Polres Banjar.

Program tersebut dianggap perlu untuk memproteksi dan mendukung para pelajar dalam mewujudkan cita-citanya.

“Program ini bisa menjadi salah satu faktor pengantar keberhasilan para siswa di Banjar dalam meraih cita-cita. Ini sejalan dengan program Pemerintah Kota Banjar, yakni program kampung tadarus dan program ustad masuk sekolah,” tandasnya. (Baehaki Efendi/WP)

(Total dibaca 48 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan