Civitas Academica STIKes Muhammadiyah Ciamis Siap Sukseskan Sensus Online

0 195

wartapriangan.com, OPINI. Tim Markas Koordinasi (Mako) Sensus Penduduk 2020 (SP2020) Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Ciamis menggelar acara ‘Goes to Campus’ di Gedung Auditorium KH. Ahmad Dahlan Kampus STIKes Muhammadiyah Ciamis, Kamis (3/10/2019).

Kampus yang berada di jalan KH. Ahmad Dahlan Ciamis ini sedang menggelar acara ‘Paturay Tineung’ Mahasiswa/lulusan Tahun Akademik 2018/2019 yang dihadiri oleh 411 lulusan berbagai Prodi STIKes Muhammadiyah Ciamis.

Setelah melakukan koordinasi dengan pimpinan STIKes Muhammadiyah Ciamis, BPS Kabupaten Ciamis diberikan kesempatan mengisi salah satu mata acara di kegiatan tersebut.

Kepala BPS Kabupaten Ciamis, H. Nevi Hendri, S.Si, MM menjadi narasumber dalam kegiatan ‘Goes to Campus’ kali ini.
Kegiatan ‘Goes to Campus’ ini merupakan rangkaian program publisitas Sensus Penduduk Tahun 2020 yang ‘kickoff’nya sudah dimulai sejak peringatan Hari Statistik Nasional (HSN) 26 September yang lalu.

Kegiatan ini menjadi bagian dari safari sosialisasi Sensus Penduduk Tahun 2020 yang sebentar lagi akan digelar. Segmen mahasiswa menjadi pilihan karena mereka merupakan segmen potensial sebagai partisipan dalam sensus penduduk online ini.

Mereka merupakan segmen yang melek internet dan lebih berpeluang untuk terlibat aktif dalam sensus penduduk secara daring ini. Tingkat pengetahuan mereka juga lebih baik sehingga mampu menjawab setiap pertanyaan yang diajukan dalam sensus online ini.

Dalam paparannya, Nevi Hendri S.Si, MM menyampaikan bahwa Sensus Penduduk Tahun 2020 merupakan amanah Undang-Undang Nomor 16 Tahun 1997 dan Resolusi United Nations Tahun 2020.

Tujuan Sensus Penduduk Tahun 2020 adalah menyediakan data jumlah, komposisi, distribusi dan karakteristik penduduk menuju Satu Data Kependudukan Indonesia. Sebagai bahan perencaaan dan evaluasi pembangunan. Juga menjadi dasar pengambilan kebijakan pemerintah dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Ada dua cara pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020. Cara pertama, Sensus Online yang akan dilaksanakan pada bulan Februari-Maret Tahun 2020 dan Sensus Wawancara pada bulan Juli Tahun 2020. “Seluruh penduduk Indonesia akan dicakup dalam kegiatan sensus penduduk ini” ujar Nevi dalam paparannya.

Pada kegiatan Sensus Online masyarakat diminta untuk mengisi data diri secara mandiri melalui web/link:sensus.bps.go.id. BPS Kabupaten Ciamis menetapkan target 30 persen penduduk Kabupaten Ciamis berpartisipasi dalam sensus penduduk online ini.

Ada sekitar 21 pertanyaan yang harus diisi pada tahapan sensus daring ini yang terdiri dari variabel individu, variabel pekerjaan dan variabel perumahan.

Variabel Individu mencakup pertanyaan tentang nama, jenis kelamin, NIK, alamat, tempat tanggal lahir, kewarganegaraan, suku, agama/kepercayaan, nama orang tua kandung, status perkawinan, hubungan dengan kepala keluarga, lama tinggal dan tingkat pendidikan.

Variabel Pekerjaan mencakup pertanyaan tentang aktivitas yang biasa dilakukan, pekerjaan dan status pekerjaan.

Untuk Variabel Perumahan mencakup pertanyaan status kepemilikan rumah, penggunaan listrik, sumber air minum, penggunaan jamban dan jenis lantai rumah.

Pada kegiatan Sensus Wawancara di bulan Juli Tahun 2020, petugas sensus akan mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner dalam perangkat smartphone berbasis android.

Penyampaian paparan yang santai dan diselingi ‘joke-joke’ ringan membuat peserta menjadi antusias menyimak materi yang disampaikan.

Di akhir paparannya Nevi Hendri, S.Si, MM mengajak seluruh Sivitas Akademika STIKes Muhammadiyah Ciamis untuk berpartisipasi dalam Sensus Penduduk Tahun 2020.

Setelah paparan Tim Mako SP2020 BPS Kabupaten Ciamis memberikan ‘Challenge’ dengan memberikan pertanyaan kepada peserta yang hadir. Ada dua peserta yang beruntung mendapatkan ‘merchandise’ SP2020 berupa kaos cantik yang akan dikirim langsung ke alamat yang bersangkutan.

Pemberian plakat kegiatan dari Kepala BPS Kabupaten Ciamis ke perwakilan jajaran pimpinan STIKes Muhammadiyah Ciamis menandakan berakhirnya kegiatan ’Goes to Campus’ dalam rangka Sosialisasi SP2020.

Seluruh peserta yang hadir menyatakan komitmennya dalam mensukseskan Sensus Penduduk Tahun 2020.

Partisipasi masyarakat sangat diharapkan dalam Sensus Penduduk ini. Data sensus penduduk yang dihasilkan akan menjadi rujukan utama data dasar kependudukan di Indonesia.

Penulis : Dadang Darmansyah, S.Si, MM (Humas BPS Kabupaten Ciamis)

(Total dibaca 194 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan