Cetak Kader Pemimpin Bangsa, Dianpinru Pramuka Penggalang Digelar di Pamarican

0 128

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Praja Muda Karana (Pramuka), menjadi ladang penggemblengan generasi muda, untuk menjadikan Pemimpin Bangsa, dan Negara, dimasa yang akan datang.

Di dalam pendidikan Kepramukaan terdapat berbagai materi yang sangat mendukung jiwa, dan praktek kepemimpinan. Sehingga tidak diragukan lagi, kalau Pemimpin Bangsa, dan Negara, banyak yang terlahir dari Insan Pramuka.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Kwartir Ranting Kecamatan Pamarican, Totong Suryana, S.Pd., usai menutup kegiatan Gladian Pemimpin Regu (Dianpinru) Penggalang, di Lapang Sepak Bola Geger Bentang, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Kamis (03/10/2019).

Totong mengungkapkan, perkembangan dan perubahan lingkungan yang pesat, Pramuka selalu andil secara aktif, membantu pemerintah dalam pembangunan nasional.

“Perubahan perilaku generasi muda, peningkatan kemampuan pribadi, dan perkembangan ilmu pengetahuan, serta teknologi harus diberikan kepada generasi muda. Itu semua telah dilakukan oleh Pramuka,” ungkap Totong

Ketua Panitia Dianpinru, Hafid SR., menjelaskan, bahwa kegiatan Dianpinru yang dilaksanakan sejak Selasa – Kamis, 01-03 Oktober 2019, oleh Kwarran Pamarican ini, diikuti oleh 59 pangkalan Sekolah SD/MI/SMP/MTs, yang ada di wilayah Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Untuk masing-masing Pangkalan berjumlah 10 orang Siswa, yang terdiri dari utusan siswa laki-laki 5 orang, dan siswa perempuan 5 orang.

“Mereka merupakan para pemimpin regu penggalang usia 11-15 Tahun yang telah diseleksi dari Gugus Depan (Gudep), masing-masing” jelasnya.

Kegiatan yang mengambil tema “Generasi Mandiri, Santun, Ksatria, Beriman dan Bertaqwa, Terampil, Kreatif, Cerdas, Kuat, dan Sehat” tersebut dikemas dalam bentuk perkemahan di Lapang Sepak Bola Geger Bentang, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis.

Para peserta mendapatkan bimbingan dari Andalan dan Pelatih Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Ciamis.

“Mudah-mudahan para peserta yang mengikuti kegiatan Dianpinru ini, dapat meningkat motivasinya dalam melaksanakan tugas keseharian dengan produktif sesuai perkembangan zaman,” jelasnya

Hafid berharap, para peserta Dianpinru, bisa memiliki bekal pengetahuan dan pengalaman sehingga mereka dapat mengelola dan memimpin regunya, dengan baik, serta mengembangan diri di Gugus Depannya masing-masing. (Baehaki Efendi/WP)

(Total dibaca 116 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan