Ratusan Peserta dari Berbagai Elemen, Ikuti Penyuluhan Hukum di Banjaranyar

0 78

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Ratusan peserta dari berbagai elemen masyarakat di 10 Desa se Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, mengikuti kegiatan sosialisasi kesadaran hukum dan regulasi bagi masyarakat.

Acara tersebut dilaksankaan di Aula Desa Banjaranyar, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Kamis (19/09/19).

Pada kegiatan ini peserta yang hadir sebanyak 100 orang yang diambil dari 10 desa se Kecamatan Banjaranyar yang terdiri dari perwakilan pemuda, aparatur desa, BPD dan LPM serta di dampingi oleh kepala desa masing-masing. 

Menurut Tedi Turmansyah tenaga ahli Program Pemberdayaan dan Pembangunan Masyarakat Desa ( P3MD) Kabupaten Ciamis, kegiatan ini bertujuan meminimalisir terjadinya penyalahgunaan wewenang, administrasi dan pengelolaan keuangan di desa, sehingga lebih baik dalam penyelenggaraan nya.

“Kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari MoU yang di lakukan Kementrian Desa dengan beberapa pihak dalam hal pencegahan,” terangnya.

Lanjut Tedi dalam kegiatan ini sebagai narasumber yang menyampaikan materi terdiri  dari Polres Ciamis, Kejaksaan Negri, Ispektorat, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Kabupaten Ciamis, P3MD Kabupaten Ciamis dan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Ciamis.

Masing-masing narasumber akan menyampaikan materi sesuai apa yang sudah di rencanakan pada hasil koordinasi 

Seperti materi penyampaian Undang-undang tentang desa, pembagian tupoksi aparatur desa, pengelolaan keuangan desa yang disampaikan oleh perwakilan dari Polres Ciamis.

“Kemudian materi tentang tipikor dan jaga desa oleh Kejaksaan, masalah teknis yang akan disampaikan oleh Ispektorat beserta DPMD, dan  peran kapasitas Media yang akan di sampaikan oleh PWI kabupaten Ciamis ” tambahnya.

Menurut Kepala Desa Cikupa, Endi, banyak manfaat yang diperoleh peserta dengan adanya kegiatan ini, karena bisa mengingatkan peserta kususnya Kepala Desa tentang aturan dan peraturan. (Revan/WP)

(Total dibaca 71 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan