Tradisi Ngabumi, Budaya Warga yang Masih Lestari di Banjar

0 78

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Melestarikan bu­daya tradisional, dan sekaligus memperingati Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah, pelestari budaya di Kota Banjar, menggelar tradisi Ngabumi.

Tradisi Ngabumi (Hajat Bumi) ini dilaksanakan di Lingkungan Pataruman, RT 01, RW 13, Kelurahan Pataruman, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat, Selasa (17/09/2019).

Kegiatan Ngabumi ini, sudah menjadi tradisi/ agenda tahunan warga masyarakat di Lingkungan Pataruman, yang kehidupan sehari-harinya bermata pencaharian sebagai pengrajin/pembuat bata merah.

Ketua Pelaksana Kegiatan, Astudi, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Mbah Jabar, mengatakan, Tradisi Ngabumi (Hajat Bumi) yang digelar oleh warga masyarakat di Lingkungan Pataruman ini, sudah menjadi tradisi tahunan. Bahkan hingga hari ini kegiatan Ngabumi ini sudah dilaksanakan yang ke-8 kalinya.

Lajut, Astudi, adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan Ngabumi ini, adalah dalam rangka menyambut Bulan Muharram, sekaligus menunjukkan rasa syukur kepada Allah SWT, atas segala nikmat yang diberikan selama ini, terutama kepada warga masyarakat yang tinggal di Pataruman.

Astudi mengatakan, untuk acara Ngabumi sendiri setiap tahunnya diisi dengan kegiatan kirab gunungan hasil bumi, pembacaan tawasul/do’a tahlil untuk para karuhun, santunan kepada anak yatim, dan panti jompo, serta bagi-bagi nasi tumpeng kepada warga yang hadir. Termasuk berebut air, dan makanan yang sudah dibacakan do’a secara bersama-sama.

Terpisah, Wakil Walikota Banjar, H. Nana Suryana, mengatakan, dirinya sangat mengapresisasi kegiatan Ngabumi (Hajat Bumi), yang dilaksanakan oleh warga masyarakat di Lingkungan Pataruman, dalam rangka menyabut Tahun Baru Islam 1441 Hijriyah ini.

“Mudah-mudahan kegiatan ini kedepan bisa terus dilaksanakan, dan lebih meriah lagi, serta dijadikan sebagai agenda tahunan, untuk wahana edukasi pariwisata budaya dan tradisi di Kota Banjar,” ungkapnya.

Nana, berharap dengan kegiatan Ngabumi ini warga masyarakat di Lingkungan Pataruman bisa lebih mempererat tali silaturahmi, dan tasyakur bini’mah atas semua nikmat dan karunia yang Alloh SWT berikan selama ini.

Kegiatan Ngabumi ini diakhiri dengan kegiatan Penanaman Pohon Tarum, sebagai simbol kejayaan, dan kemakmuran warga masyarakat yang tinggal di Lingkungan Pataruman, Kota Banjar. (Baehaki Efendi/WP)

(Total dibaca 65 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan