Ribuan Warga Hadiri Ngaji Desa Bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Pangandaran

0 148

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Ribuan warga menyemut dan antusias menghadiri Ngaji Desa bareng Cak Nun dan Kiai Kanjeng di Lapang Sindang Desa Mangunjaya, Kecamatan Mangunjaya, Kabupaten Pangandaran, Rabu (11/9/2019) malam tadi.

Tak hanya warga setempat, mereka yang hadir juga datang dari Ciamis, Banjar, Tasikmalaya, bahkan dari Jawa Tengah.

Ribuan warga hadir dalam kegiatan Ngaji Desa Bareng Cak Nun dan Kyai Kanjeng.

Emha Ainun Nadjib yang akrab disapa Cak Nun menyampaikan desa adalah benteng terkecil dalam menjaga diri dari perkembangan zaman.

“Ngaji Desa di Mangunjaya Kabupaten Pangandaran ini merupakan kunjungan ke 4.107. Saya hadir disini karena masih ada dolanan (permainan) anak sebagai pemersatu budaya jawa dan Sunda, desa tauladan masa depan untuk seluruh Indonesia,” ungkap Cak Nun.

Kata Cak Nun, setelah panen selesai, masyarakat petani mengungkapkan rasa syukur dengan bermain dan bercengkrama di sawah yang diterangi sinar rembulan. 

“Sebagai petani kita harus selalu waspada, terus bersyukur dan berdo’a. Petani profesi yang mulia,” ungkapnya. 

Sementara, Ketua Pelaksana Ngaji Desa, Furqon, mengatakan, masyarakat Desa Mangunjaya sebagian besar merupakan petani dan Ngaji Desa ini merupakan kegiatan yang sudah rutin.

Dia menyampaikan, awalnya kegiatan ini hanya acara kecil-kecilan dalam rangka ngaji dengan alam dan bercengkrama di sawah dengan sinar bulan menuju purnama.

“Baru kali ini dilaksanakan secara akbar dan menghadirkan budayawan Emha Ainun Nadjib bersama Kiai Kanjeng,” jelas Furqon. (Iwan Mulyadi/WP)

(Total dibaca 110 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan