Muda-Mudi di Tasikmalaya Ini, Rayakan Tahun Baru Islam Dengan Cara Unik

0 159

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Bagi umat muslim dan khususnya masyarakat Jawa Barat, bulan Muharram menjadi salasatu bulan yang memiliki banyak makna. Beragam acara pun digelar warga untuk menyambut datangnya Tahun Baru Islam sekaligus Tahu Baru Jawa ini.

Seperti yang di Lakukana Di Kampung Leuwigenta 3, puluhan muda-mudi yang tergabung dalam sebuah wadah GEMULTI (gerakan muda mudi leuwigenta tilu). Mereka mengadakan cara unik yaitu MABORA (masyarakat botram rame-rame).

Ketua penyelenggara Ilham mengatakan, gebyar Muharram bagi warga merupakan agenda tahunan. Acara botram ini adalah tradisi para sepuh yang ada di leuwigenta 3.

“Kita sebagai generasinya berusaha mengingatkan kembali pada masyarakat bahwa tradisi ini harus tetap dijaga dan kita yang muda wajib meneruskannya,” katanya.

Acara yang digelar Kala Senja ini disambut baik oleh seluruh warga masyarakat sekitar. Nampak keceriaan terpancar diwajah mereka.

Ilham menambahkan, kegiatann ini juga untuk meningkatkan solidaritas masyarakat.

“Kita bisa saling tukar lauk pauk dari tikar satu ke tikar yang lain menjadi salah satu ciri bahwa kami warga masyarakat Leuwigenta 3 masih bisa bersama-sama,” katanya.

Lanjut Ilham , ketika masyarakat sudah bersama duduk sama rendah berdiri sama tinggi, berat sama dipikul ringan sama di jinjing. “Artinya mereka selaku warga masyarakat sunda, sudah merealisasikan falsafah bengkung ngariung bongkok ngaronyok, silih asah, silih asih. silih asuh,” imbuh dia.

Sementara itu, Ujang salasatu warga setempat mengaku bangga menjadi warga kampung Leuwigenta 3, karena masih menjaga kebersamaan, kompak dan rukun.

Di tempat yang sama Heru, salasatu tokoh masyarakat berharap dengan kegiatan ini terjalin kebersamaan saling dukung dari semua kalangan masyarakat.

“Gerakan muda mudi ke depan harus lebih meningkat dan solid dalam menjaga kerukunan warga,” kata Dia. (Andri Ahmad Fauzi/WP)

(Total dibaca 138 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan