Warga Temukan Limbah B3 Medis di Jalan Yos Sudarso

0 91

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Limbah B3 medis adalah suatu limbah yang tergolong sebagai bahan  berbahaya dan beracun, limbah ini di temukan salah seorang warga Hermawan yang kebetulan lewat di daerah itu.

Hermawan warga Sukadana menjelaskan,“ Awalnya saya lihat ada benda aneh terbungkus plastik warna putih berserakan di sekitar jalan Yosudarso lalu saya membukanya, saya kaget ternyata  limbah berbahaya dan beracun”.

“ini sangat berbahaya apalagi di kawasan ini area sekolah, menurut saya limbah ini harus teliti dalam penangananya, pengangkutan hingga pembuangannya,” ucapnya.

“Plastik limbah itu bertuliskan “Dahlia” di duga merupakan salah satu ruangan rumah sakit yang ada di Kabupaten Ciamis,” ujarnya.

Lanjut Hermawan,” Entah akibat kurangnya pengawasan atau kelalaian pihak rumah sakit, saya tidak tahu, yang jelas limbah itu ada di pinggir jalan”.

Untuk memastikan penemuan limbah B3 medis itu awak media konfirmasi ke pihak salah satu rumah sakit dan di temui salah satu Kepala Bagianya H Ajis, Rabu (04/09/2019).

H Ajis menjelaskan,” Limbah B3 yang ada di RSUD di ambil rutin oleh cleaning service serta tempat penampunganya juga sudah tersedia, namun yang saya herankan” kenapa limbah B3 ini ditemukan jauh diluar kawasan RSUD”.

“Setelah mendapatkan informasi penemuan limbah B3 saya langsung mengecek ke ruangan dan juga menanyakan kepada perawat terkait temuan tersebut,” ujar Ajis.

Lanjut Ajis,” Terkait penanganan limbah B3 pihak RSUD sudah bekerjasama dengan pihak ke 3, setiap pengambilan dan pembongkaran limbah B3 itu sudah di pres dan masuk ke jerigen, makanya kalau ini ditemukan di luar kawasan RSUD rasanya tidak mungkin”.

“Memang nama ruang Dahlia di RSUD ini ada dan itu untuk perawatan penyakit dalam, atas kejadian ini saya kira harus ditelusuri karena kalau disini sampah medis dan non medis itu terpisah,” pungkasnya. (Dena A Kurnia/WP).

(Total dibaca 69 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan