Pemkab Pangandaran Targetkan Tahun 2020 Jadi Kabupaten Layak Anak

0 151

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Pemerintah Kabupaten Pangandaran menargetkan status Kabupaten Layak Anak (KLA) dapat terwujud pada 2020. Pasalnya hanya tinggal 4 kabupaten/kota se Jawa Barat termasuk Pangandaran yang tidak masuk kriteria kabupaten layak anak.

Sekretaris Dinas Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak (DKBP3A) Pangandaran Tonton mengatakan, di Tahun 2020, Pangandaran diwajibkan untuk menjadi kabupaten layak anak.

Tonton menjelaskan, indikator untuk jadi kabupaten/kota layak anak, di antaranya semua dinas/ instansi, dunia usaha dan swasta ada campur tangan pada kepentingan anak.

“Apapun bentuknya, sekecil apapun, yang pasti ada kaitannya dengan anak,” ujarnya.

Dia mencontohkan, jika di Puskesmas ada tempat bermain anak, di perbankan ada tempat baca anak, di perkantoran juga harus ada wilayah-wilayah yang bisa digunakan untuk anak-anak.

Bahkan, tambah Tonton, di area publik juga harus disediakan arena bermain anak, jadi bukan hanya untuk orang dewasa saja. “Rata-rata sebenarnya sudah terpenuhi, hanya saja tidak terdokumentasikan,” ungkapnya.

Kemudian, tambah Tonton, pemanfaatan trotoar, juga belum bisa digunakan untuk pejalan disabilitas, serta belum ada ada jalan khusus untuk kursi roda. (Iwan Mulyadi/WP)

(Total dibaca 146 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan