Bawaslu Pangandaran Gelar Refleksi, Bersiap Hadapi Pilkada 2020

0 29

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Pangandaran melaksanakan refleksi pelaksanaan Pemilu 2019, di salasatu hotel di kawasan Pantai Barat Pangandaran, Jumat (30/8/2019)

Ketua Bawaslu Jawa Barat, Abdulah Dahlan mengatakan, kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk persiapan dalam menghadapi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) tahun 2020 mendatang.

Menurutnya, refleksi tersebut sangat penting sebagai akuntabilitas atau pertanggunjawaban organisasi selama pelaksanaan Pemilu 2019.

“Dengan refleksi ini bisa melihat adanya catatan yang penting dan berbagai kekurangan selama pelaksanaan Pemilu 2019, sehingga bisa dijadikan acuan dalam melaksanakan fungsi pengawasan pada pelaksanaan pemilu mendatang,” jelasnya.

Menurutnya, Bawaslu Pangandaran harus melakukan evaluasi dari sekarang, untuk penguatan persiapan menuju Pilkada 2020.

Secara umum, lanjut dia, kemampuan penyelenggaraan pemilu juga harus diperhatikan dari segi anggaran, jangan sampai dalam pelaksanaanya Bawaslu malah kesulitan soal anggaran. Maka harus diupayakan agar anggaran ini cukup dalam pelaksanaan Pilkada tersebut.

Sementara itu Ketua Bawaslu Kabupaten Pangandaran Iwan Yudiawan mengatakan, bahwa dalam refleksi tersebut, pihaknya menyampaikan capaian kinerja Bawaslu selama pelaksanaan Pemilu 2019.

“Kami sampaikan bagaimana melakukan pengawasan tahapan dan pencegahan pelanggaran pemilu,” ujarnya.

Menurut Iwan, terdapat fungsi Bawaslu yang strategis dan signifikan, yakni bagaimana menghindari potensi pelanggaran pemilu muncul dengan menjalankan strategi pencegahan yang optimal.

“Maka pada kegiatan refleksi ini, kami juga meminta masukan kepada seluruh elemen masyrakat, terkait kekurangan yang ada,” ujarnya. (IM/WP001)

(Total dibaca 27 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan