Tingkatkan Budaya Baca Masyrarakat, Dishub Ciamis Adopsi Program Kolecer

0 107

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS.   Dinas Perhubungan  Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Perkumpulan Organisasi Sadar Lalu Lintas Usia Dini dan PLN Peduli menyelanggarakan program Kotak Literasi Cerdas (kolecer), dengan tujuan untuk membangun minat baca di kalangan keluarga dan masyarakat, mengingat minat baca di sangat rendah.

Kolecer yg di tempatkan di ruang tunggu terminal, ternyata juga mendapat perhatian khusus dari tim penilai Kabupaten Sehat dari Kementrian Kesehatan, beberapa hari lalu.

Kolecer merupakan program adopsi  Dinas Perhubungan  Kabupaten Ciamis bekerjasama dengan Perkumpulan Organisasi Sadar Lalu Lintas Usia Dini dan PLN Peduli.

Kepala Dinas Perhubungan Ciamis Endang Sutisna melalui Edi Yulianto mengatakan,” Fasilitas cukup lengkap, mulai dari buku bacaan berbagai jenis seperti buku keagamaan, keluarga, kesehatan, wira usaha dan masih banyak lagi. Program ini juga silang layanan dari Dinas Perpustakaan Kabupaten Ciamis”.

Lanjut Edi,“ Kita hanya mengadopsi, program ini digagas langsung oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, yang tujuannya meningkatkan minat baca masyarakat dan mudahkan akses informasi serta menjadi tempat baca alternatif”.

“Dengan kolecer ini dapat mengajak anak-anak untuk belajar membaca bersama. Seperti anak-anak dari pedagang jalanan dan pemulung bisa menikmati layanan kolecer ini,” pungkas Edi.

Rina, salah seorang relawan Literasi yang bertugas mengurus kolecer mengatakan,” Ini sangat menarik dan merupakan terobosan Dinas perhubungan Ciamis, dimana masyarakat bisa terpancing untuk menyukai budaya membaca.

“Saya berharap masyarakat lebih dekat dengan buku dan meningkatkan minat baca, karena buku merupakan salah satu gudangnya ilmu,’ ucapnya.

“Program kolecer diharapkan  bisa ada  di fasilitas umum lainnya,” pungkasnya. (DAK/WP002).

(Total dibaca 103 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan