Ibu Kota Jawa Barat Juga Pindah!

0 1.264

wartapriangan.com, BERITA BANDUNG. Belum kering bibir masyarkat membicarakan trending topic tentang kepindahan ibu kota negara, menyusul topik hangat lainnya: ibu kota Jawa Barat pindah! Kota Kembang Bandung tak akan lagi jadi ibu kota provinsi.

Gubernur Jawa Barat memberikan penjelasan, sebagaimana dilansir berbagai media, bahwa pada dasarnya secara fisik Kota Bandung itu sudah seperti Jakarta, sudah tidak layak untuk dijadikan pusat pemerintahan.

Entah wacana ini latah atau memang sudah muncul jauh-jauh hari, yang pasti hari ini, Kamis (29/08), Ridwan Kamil memberikan pernyataan bahwa wacana perpindahan ibu kota provinsi sudah mendapat persetujuan dari legislatif. Kabarnya, dari sekarang hingga enam bulan ke depan, kajian tentang perpindahan ibu kota provinsi ini akan dimulai.

Seperti juga perpindahan Jakarta ke Kalimantan Timur, tempat baru pengganti Bandung juga harus dikaji dari berbagai sisi, dari mulai infrastruktur, resiko bencana, dan lain sebagainya. Sementara ini sudah muncul tiga nama daerah calon pengganti Kota Bandung.

Ketiga daerah alternatif tersebut antara lain Tegalluar di Kabupaten Bandung, Walini di Kabupaten Bandung Barat, dan Rebana (Cirebon-Subang-Majalengka). Meski demikian, menurut RK, kemungkinan di luar tiga daerah tersebut juga masih ada. Hanya untuk sementara, yang akan dikaji tiga daerah tersebut.

(Total dibaca 1.222 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan