Krisis Air Bersih, Sejumlah Warga Ciamis Gunakan Air Kubangan Sungai Karangudik

0 132

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Bencana kekeringan yang tengah melanda sebagian wilayah di Kabupaten Ciamis, membuat warga masyarakat mengalami krisis air bersih. Warga pun terpaksa memanfaatkan kubangan air yang ada di aliran “Walungan (Sungai) Karangudik”, untuk memenuhi kebutuhan mandi, mencuci, masak dan minum.

Hal itu dilakukan warga di Dusun Karanganyar, RT 11, RW 03, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, dan sudah berlangsung sejak tiga bulan terakhir.

Berdasarkan pemantauan dilapangan, di Walungan Karangudik, yang terletak di Dusun Karanganyar, RT 11, RW 03, Desa Langkapsari, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, sejumlah warga sedang melakukan aktivitas mencuci pakaian, dan mengambil air, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Saat pulang ke rumah, beberapa warga masyarakat terlihat membawa ember berisi air

“Mau bagaimana lagi, terpaksa mandi, mencuci, masak, dan mimun, air-Nya ya dari sini, karena sumur yang ada dirumah sudah tidak ada airnya, dan mengering,” ungkap salah seorang warga setempat Tuti Sumiarti, saat ditemui usai mengambil air di kubangan Walungan Karangudik, Selasa (27/08/2019).

Untuk menjangkau lokasi tersebut, warga harus rela berjalan, naik dan turun ke Walungan Karangudik, hanya sekedar untuk mendapatkan air guna memenuhi kebutuhan sehari-hari.

“Sehari bisa mengambil 5 sampai 10 ember air, guna memenuhi kebutuhan sehari-hari,” ujarnya

Tuti dan warga masyarakat lainnya berharap adanya bantuan air bersih yang disalurkan oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis, ke Desa Langkapsari. Sehingga warga dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari. (BE/WP003)

(Total dibaca 103 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan