57 Sekolah di Lakbok Ikuti Jambore Ranting

0 41

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS.  Jambore Ranting Pramuka tingkat Kecamatan Lakbok yang di laksanakan di lapang Desa Sukanaga. Selasa(22/08/2019)resmi di tutup oleh Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran) Pramuka Kecamatan Lakbok.

Acara penutupan Jambore tersebut di awali dengan melakukan santunan dari para peserta Pramuka kepada orang tua siswa yang meninggal dan yang sedang sakit.

Menurut Sekertaris Pramuka Wagiman Sugiantoro mengatakan,” Jambore Pramuka Ranting Kecamatan Lakbok yang di laksanakan selama tiga hari tanggal 20 sampai tanggal 22 Agustus 2019 berjalan aman dan kondusip,para peserta yang hadir dalam Jambore Ranting Kecamatan Lakbok antara lain SD 42 Sekolah,MI 11 Sekolah,SMP 3 Sekolah dan MTSN  1 Sekolah”.

Lanjut Wagiman,” Kemandirian dan propesional itu merupakan salah satu acuan bagi para peserta pramuka untuk lebih giat dalam melaksanakan dan mencintai kepramukaan,berkarakter tinggi dalam meningkatkan etos belajar”.

Masih menurutv Wagiman,” Melalui Jambore ini ada beberapa hal yang mampu di sambut baik oleh para peserta,terutama dalam pengenalan lingkungan hidup dan kehidupan bermasyarakat,terutama para peserta mengetahui sistem pelayanan di lingkup intansi yang ada,seperti pengenalan di lingkungan Koramil,Polsek,Kecamatan,KUA dan Puskesmas”.

“Selain itu,para peserta mampu beradaptasi dengan masyarakat sekitar bumi perkemahan,menjaga kekondusipan dan bersih lingkungan,sehingga setelah acara selesai di laksanakan tak sedikitpun kelihatan sampah berserakan dan yang lebih bermakna lagi dikala malamnya tetdengar ada pengumuman warga sekitar yang meninggal dunia dan kebetulan sebagai orang tua peserta jambore,mereka memberikan santunan,sebagai wujud kepedulian antar sesama,” ujar Wagino.

Sementara anggota mabiran Asep Didi berharap,dengan adanya jambore ranting Kecamatan Lakbok,para peserta dapat melaksanakan makna kebersamaan dan kepedulian antar sesama,rasa gotong royong dan saling menghargai dapat terwujud dan di laksanakan.

Pelaksanaan Jambore ini merupakan salah satu pembelajaran bagi para peserta dengan harapan di kemudian hari akan menjadi pemuda dan pemudi yang mampu membawa gerakan pramuka dari masyarakat,oleh masyarakat dan untuk masyarakat,mampu mewujudkan pemuda dan pemudi yang mandiri serta dapat berbakti pada bumi pertiwi,berbakti pafa nusa dan bangsa,tandasnya (KUS/WP003)

(Total dibaca 32 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan