Salah Izin Tinggal, Dua Warga Negara Asing Dideportasi

0 64

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS.  Upaya Keras Kantor Imigrasi Kelas II Tasikmalaya Jawa Barat  dalam mengawasi keberadaan dan kegiatan orang asing di Kota Tasikmalaya membuahkan hasil, pasalnya, Imigrasi Tasikmalaya  telah mengamankan dua dari tiga warga negara asing asal nigeria masing masing bernama Michael dan Simeon,ditangkap petugas imigrasi klas II A Tasikmalaya.

Mereka  di Amankan  di sebuah rumah kontrakan,di Kawasan  Jalan mangin, Kecamatan Bungursari, Kota Tasikmalaya,Jawa Barat.Rabu (06/07/2019)Lalu.

Kepala Seksi Intelijen Dan Penindakan Keiimgirasian Agustinus Wahyudi Indaryono Selasa(13/08/2019)mengatakan,”Penangkapan tersebut dilakukan atas laporan warga terkait adanya 3 orang warga negara asing, namun saat dilakukan penangkapan, salahsatu dari mereka berhasil melarikan diri sehingga kita dapat mengamankan dua orang,” paparnya.

“Setelah diperiksa petugas keduanya tidak memiliki dokumen izin tinggal resmi, mereka hanya memiliki izin kunjungan yang masa berlakunya sudah habis ,” katanya.

“Ada tiga orang dengan di bantu oleh masyarakat kita hanya biasa mengamankan dua orang warga Nigeria ini selanjutanya kita bawa ke Kantor Imigrasi Tasikmalaya dan kita ambil keterangan,” papar Agustinus Wahyudi dalam keterangan Persnya.

Dari pengakuan sala satu WNA Michael  berniat mengantar pulang sang istri kepada ibunya yang berasal dari Kota Tasikmalaya, namun simeon hanya ikut ke michael untuk berkunjung ke Tasikmalaya.

Sementara salah satu WNA Nigeria yang melarikan diri belum diketahui identitasnya.

Michael mengaku sudah tinggal di indonesia selama hampir 5 tahun,kepada petugas, WNA ini mengaku tinggal di Indonesia karena berniat usaha yaitu menjual pakaian dan tas yang dibeli dari indonesia dan di kirim ke negaranya.

“Kita kesini jualan baju anak tas dan sebagainya soalnya bisnis di indonesia bagus serta menguntungkan,beda denga di Negeria Michael ,” kata salasatu WNA Asal Nigeria di Kantor Imigrasi.

Kedua WNA ini melanggar Undang Undang Nomor 6 Tahun 2011,tentang keimigrasian pasal 78 angka 3,mengenai orang asing yang telah berakhir masa izin tinggalnya lebih dari 60 hari.dalam waktu dekat, petugas akan segera mendeportasi kedua WNA tersebut ke negara asalnya.(AAF/WP003).

(Total dibaca 52 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan