Jelang Pilkada Serentak 2020, KPU Pangandaran Terus Siapkan Berbagai Produk Hukumnya

0 46

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menggelar rapat penyusunan produk-produk hukum (keputusan) dalam pra Pilkada Serentak tahun 2020, diruang rapat KPU Kabupaten Pangandaran, Kamis (9/8/2019) siang tadi.

Dalam rapat bersama Bawaslu Kabupaten Pangandaran, Pemkab dan beberapa stakeholder pemilu ini terungkap bahwa ada perbedaan dalam penyusunan produk hukum dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 2020.

Menurut Ketua KPU Kabupaten Pangandaran Muhtadin, jika sebelumnya KPU Kabupaten/Kota bisa mengeluarkan produk hukum berupa peraturan KPU Kabupaten/Kota, di era Pilkada serentak sekarang kita hanya implementator atau pelaksana saja.

“Petunjuk teknis berupa peraturan KPU disamaratakan diseluruh Indonesia,” ungkap Muhtadin usai rapat.

Namun demikian, kata Dia, dalam pelaksanaan pemilihan kepala daerah serentak ada hal-hal yang bersifat teknis, misalnya, zonasi alat peraga kampanye, biaya makan minum pada saat kampanye.

“Nanti kalau dibutuhkan KPU Kabupaten/Kota bisa mengeluarkan surat keputusan atau keputusan tentang produk hukum yang disesuaikam dengan standar di Kabupatan/Kota tersebut,” ujarnya.

Menurutnya, untuk regulasi pemilihan kepala daerah serentak tahun 2020 akan mengacu kepada Undang-undang Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur dan Wakil gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Walikota dan Wakil Wali Kota.

“Peraturan KPU nya saja yang kemungkinan berubah, tidak menggunakan yang Pilkada Gubernur kemarin,” pungkasnya. (IM/WP001)

(Total dibaca 40 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan