Dampak Larangan Kantong Plastik Untuk Bungkus Daging Kurban, Pengrajin Besek Banjir Pesanan

0 752

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Dengan adanya larangan menggunakan kantong plastik untuk membungkus daging kurban pada Hari Raya Idul Adha 1440 H, membuat para pengrajin besek (pipiti) diwilayah Dusun Kertaharja, Desa Kertahayu, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, kebanjiran pesanan.

Salah seorang pengrajin besek Rahmat Hidayat, mengungkapkan, menjelang Hari Raya Idul Adha 1440H, para pengrajin besek (pipiti) yang ada diwilayah sini, alhamdulillah kebanjiran banyak pesanan. Bahkan sudah kewalahan memenuhi pesanan dari luar kota, seperti Bandung, Bekasi, Jakarta, dan Kota-kota besar lainnya.

“Dampak dari adanya larangan yang dikeluarkan oleh Pemerintah, dalam penggunaan kantong plastik sebagai bungkus daging kurban, sangat dirasakan sekali keuntungannya oleh para pengrajin besek. Sehingga para pengrajin besek yang selama ini hampir punah, kini gairahnya bangkit kembali, bahkan banyak pesanan dari luar kota yang tidak terlayani,” ujar Rahmat, Kamis (08/08/2019).

Rahmat, mengatakan untuk harga besek (pipiti) sendiri saat ini alhamdulillah mengalami kenaikan harga, yaitu seharga Rp. 1.000,- per satu pasangnya.

“Memang kalau dibandingkan dengan harga kantong plastik sangat jauh perbedaannya,” Jelasnya

Hal senada diungkapkan Yati Maryati, mengatakan bahwa dalam satu hari dirinya bisa memproduksi besek (pipiti), sebanyak kurang lebih 250 pasang besek. Itu pun kalau bahan baku lagi banyak.

“Pekerjaan pembuatan besek (pipiti), membutuhkan waktu untuk menganyam sekitar 1-2 menit untuk 1 buah. Dan untuk pengerjaan pembuatan besek biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari,” katanya

Lanjut Yati, jumlah pesanan permintaan besek (pipiti) jelang Hari Raya Idul Adha 1440 H, saat ini sudah full dan tidak melayani pemesanan lagi. Soalnya, waktu pengerjaan tidak akan mungkin terkejar, mengingat waktunya sudah sangat mendesak dan mepet.

Yati, menambahkan, bahwa saat ini pesanan besek (pipiti) sangat meningkat dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. “Biasanya pemesanan besek (pipiti) hanya untuk kebutuhan hajatan, tetapi Tahun ini banyak pesanan besekuntuk bungkus daging qurban,” tandasnya. (BE/WP003)

(Total dibaca 730 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan