Revitalisasi Situ Hiang, Langkah Pemdes Sadewata Menuju Desa Wisata

0 111

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Pemerintah Desa Sadewata, Kecamatan Lumbung, Kabupaten Ciamis, terus berhias diri untuk meningkatkan Pendapatan Asli Desa ( PADes) dengan cara menata dan mengeruk Situ Hiang yang berlokasi di Dusun Babakan.

Dalam pelaksanaan revitalisasi tersebut, menggunakan biaya yang bersumber dari APBN tahun 2019 melalui Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy( BBWS).

Dua unit excavator diturunkan guna mengeruk lumpur, agar kelestarian situ Hiang makin terlihat alami, bersih dan bisa menarik pengunjung untuk menikmati suasana alami pedesaan yang asri.

Nursamsi yang akrab dipanggil Leo selaku Kepala Desa Sadewata menuturkan, disamping untuk meningkatkan PADes, pengerukan ini bertujuan untuk mengembalikan luas situ yang mulai menyempit.

Sebelumnya luasnya mencapai 7 hektar , sekarang hanya tinggal 3 hektar. Jadi dengan upaya revitalisasi ini fungsi situ bisa kembali lagi sebagai embung air untuk lahan pertanian dan juga perikanan,” tuturnya. Senin, (29/7/2019).

Dia menjelaskan, selain untuk embung air, situ Hiang ini akan ditata untuk menuju Desa Wisata (DEWI) yang akan meningkatkan PADes.

“Dengan menjadinya Desa Wisata diharapkan perekonomian masyarakat setempat akan meningkat,” ungkapnya. (DAK/WP002)

(Total dibaca 91 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan