Jelang Idul Adha, Permintaan Kambing di Pasar Hewan Banjarsari Naik Dua Kali Lipat

0 73

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Menjelang Idul Adha atau Hari Raya Kurban, permintaan hewan ternak kambing di Pasar Hewan Kecamatan Banjarsari, Kabupaten Ciamis, naik dua kali lipat dibanding hari-hari biasa.

ucapan penghargaan

Pengurus Pasar Hewan Banjarsari, Hendrik mengatakan, biasanya jumlah kambing di Pasar Banjarsari hanya 200 ekor, namun saat ini jumlah penjualannya naik hingga 400 ekor.

Hendrik mengatakan, naiknya penjualan dipicu oleh banyaknya permintaan kambing jantan untuk hewan kurban pada perayaan Idul Adha tahun ini.

“Permintaan tertinggi berasal dari kota-kota Besar, seperti Bogor,Serang, serta dari kota-kota besar lain,” ujarnya. Sabtu (27/07/2019).

Menurutnya, saat ini sudah banyak pedagang kambing asal luar daerah seperti dari Padaherang dan juga Kalipucang serta dari wilayah Banjarsari dan Pamarican membawa hewan ternaknya untuk dijual ke para pedagang.

Ia memperkirakan sepekan atau dua pekan mendekati Hari Idul Adha permintaan akan melonjak lebih tinggi lagi.

“Bulan-bulan ini memang sudah ada peningkatan antara 300 sampai 400 ekor kambing. Prosentase yang tertinggi itu nanti kalau sudah mendekati lebaran haji,” ungkapnya. 

Dalam kondisi seperti ini, terkendala kurangnya patok, hal ini disebabkan membludaknya kambing yang dibawa oleh para pedagang.

Hendrik menambahkan, saat ini belum ada peningkatan harga kambing yang signifikan. “Harga Kambing jantan dewasa ukuran kecil hingga besar dijual antara Rp1,7 juta hingga Rp3,5 juta per ekor,” pungkasnya. (RVN/WP003).

(Visited 69 times, 1 visits today)

Leave A Reply

Your email address will not be published.