BNNK Ciamis Resmi Miliki Klinik Pratama

0 73

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Ciamis meresmikan Klinik Pratama BNNK Ciamis yang beralamat di Jalan Mr. Iwa Kusumasumantri Blok 12 Kertasari Ciamis, Kamis (25/7/2019).
Dalam kesempatan ini hadir Kepala BNNK Ciamis para Kasi dan juga staf pegawai BNNK Ciamis serta perwakilan dari Dinas Kesehatan Ciamis.

ucapan penghargaan

Kasi Rehabilitasi BNN Kab Ciamis Rachman Haerudin S.Sos., menjelaskan, dengan adanya Klinik Pratama BNN Kabupaten Ciamis, patut disyukuri.

Rachman mengatakan, tenaga medis yang ada di Klinik Pratama BNNK Ciamis saat ini terdiri dari dokter penanggung jawab pelaksana pelayanan, dokter pelaksana pelayanan, perawat pelayanan, konselor dan petugas administrasi.

“Kenapa kita perlu mendirikan Klinik Pratama, karena berpijak dari kurangnya fasilitas layanan rehabilitasi yang ada sehingga BNN memiliki kebijakan untuk semua BNNK dan BNNP yang ada di Indonesia itu wajib untuk memiliki serta memberikan fasilitas pelayanan rehabilitasi, sehingga masyarakat mudah mengakses layanan rehabilitasi yang selama ini hanya ada dibeberapa tempat saja,” ungkap Rachman.

Masih menurut Rachman, BNNK Ciamis bisa memberikan fasilitas untuk para pecandu, penyalahguna dan korban penyalahguna narkoba untuk datang dan dilakukan upaya rehabilitasi dengan tujuan untuk dipulihkan dari penyalahgunaan narkoba.

“Jenis pelayanan yang diberikan oleh Klinik Pratama BNNK Ciamis diantaranya adalah pelayanan pembuatan surat keterangan hasil pemeriksaan narkotika atau sering dikenal oleh masyarakat luas sebagai surat bebas narkotika yang banyak diperlukan bagi pelajar mahasiswa, pegawai,” ungkapnya.

Mereka, kata Rachman, bisa langsung datang ke BNNK Ciamis. Untuk saat ini biaya gratis, tetapi mereka wajib untuk membawa alat tes pemeriksaan urinenya sendiri.

Klinik Pratama BNNK Ciamis juga memberikan layanan kepada para penyalahgunaan narkoba berupa akses konseling serta terapi .

“Klinik Pratama juga memberikan pelayanan kepada warga umum yang bukan penyalahguna narkoba saja, juga memberikan layanan umum menangani penyakit ringan misalkan flu, batuk, pilek atau biasa dikenal dengan istilah infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) serta kecelakaan lalulintas ringan,” terangnya.

Sementara menurut Kepala BNNK Ciamis AKBP Yaya Satyanagara, S.H., Klinik Pratama BNNK Ciamis tanggal 25 Juli 2019 resmi dibuka, dengan harapan agar Klinik Pratama ini betul-betul mampu melayani masyarakat, mengayomi masyarakat dan bisa digunakan untuk menjaga kesehatan.

“Kita akan melayani dengan satu syarat, mereka membawa rapid test urine sendiri yang bisa didapat di toko,”pungkasnya. (DAK/WP002).

(Visited 70 times, 1 visits today)

Leave A Reply

Your email address will not be published.