Belasan Remaja Putus Sekolah di Ciamis Ikuti Bimtal Sosial dan Pelatihan Ketrampilan.

0 76

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, Propinsi Jawa Barat, sedang melakukan penjaringan dan pembekalan bagi para remaja yang putus Sekolah untuk mengikuti kegiatan Bimbingan Mental Sosial dan Pelatihan Ketrampilan.

Kegiatan Bimbingan Mental Sosial, dan Pelatihan Keterampilan tersebut, diberikan kepada remaja putus Sekolah yang berumur 15 hingga 20 Tahun.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Ciamis, melalui Kabid Balinsos, Wawan Setiawan, SH., M.Si., mengatakan, kegiatan Bimbingan Mental Sosial, dan Pelatihan Keterampilan ini, diperuntukan bagi para remaja putus Sekolah, yang berumur 15 hingga 20 Tahun.

“Untuk kuota Kabupaten Ciamis, pada kegiatan Bimbingan Mental Sosial, dan Pelatihan Keterampilan, angkatan sekarang mendapatkan jatah peserta sebanyak 11 orang, terdiri dari 5 orang remaja perempuan, dan 6 orang remaja laki-laki. Alhamdulillah hingga hari ini kuota sudah terpenuhi,” ujar Wawan, Kamis (24/07/2019).

Wawan menjelaskan, untuk memudahkan komunikasi dalam belajar mengajar, para calon peserta remaja tersebut harus berpendidikan minimal tamat Sekolah Dasar dan berijazah.

“Karena kegiatan Bimbingan Mental Sosial, dan Pelatihan Keterampilan ini, diikuti oleh berbagai Kabupaten/Kota di Jawa Barat, tentu saja jumlah peserta juga dibatasi. Dan kami sudah melakukan seleksi peserta. Yang paling utama seleksi peserta berupa kesungguhan, dan kesanggupan peserta untuk ikut pelatihan di UPTD Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) selama empat bulan,” katanya.

Pelaksanaan pelatihan efektif dimulai sejak Tanggal 01 Agustus, hingga 28 November 2019, di UPTD Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) milik Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat, yang di Lembang, Bandung, dan Ciganjeng, Padaherang, Kabupaten Pangandaran.

“Setelah ada seleksi di tingkat Kabupaten Ciamis, masih ada seleksi lagi pada panti yang ada di Lembang, Bandung, dan Ciganjeng, Padaherang, Kabupaten Pangandaran,” tegasnya

Wawan menambahkan, adapun peserta kegiatan Bimbingan Mental Sosial dan Pelatihan Keterampilan, yang berasal dari Kabupaten Ciamis ini, akan dibagi kedalam 2 tempat, yaitu untuk remaja laki-laki, akan dikirim ke UPTD Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) di Ciganjeng, Padaherang, Kabupaten. untuk mengikuti Pelatihan Keterampilan Montrir Mesin Mobil, Sepeda Motor, dan Elektronik.

Sedangkan untuk remaja perempuan akan dikirimkan ke UPTD Panti Pemberdayaan Sosial Bina Remaja (PPSBR) di Lembang Bandung, untuk mengikuti Pelatihan Keterampilan Merias, Tataboga, dan lain-lain. (BE/WP003).

(Total dibaca 66 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan