Bupati Jeje Ajak Semua Pihak Jaga Sungai Tetap Bersih

0 58

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Bupati Pangandaran Jeje mengajak semua pihak untuk menjaga kebersihan sungai dan tidak membuang sampah sembarangan.

“Semua warga masyarakat harus memiliki rasa tanggungjawab memilihara sungai, minimal yang berada di sekitarnya,” kata Jeje dalam kegiatan bersih-bersih Sungai Cikidang di Desa Babakan, Kecamatan Pangandaran, Minggu (21/7/2019) pagi, yang digagas Komunitas Peduli lingkungan Pangandaran (Koplink).

Bupati Jeje mengapresiasi kegiatan bersih sungai tersebut. Menurutnya
hal itu sebagai upaya untuk menggugah seluruh lapisan masyarakat, agar bisa menjaga lingkungannya tetap bersih.

“Kalau mengandalkan pemerintah saya kira ada keterbatasan, baik itu sumber dana dan sumber daya manusia. Untuk itu perlu keterlibatan dari semua pihak untuk menciptakan lingkungan yang bersih,” ujarnya.

Menurutnya, 60 persen indeks kesehatan dibangun dari kebersihan lingkungan. “Bersih itu sehat, sehat itu tidak sakit, sakit itu mahal,” tegasnya.

Jeje meminta masyarakat tidak membuang sampah di sepanjang bantaran sungai atau selokan. “Kalau membuang air ke sungai jangan yang kotor, harus air yang memiliki mutu baku sesuai standar,” terangnya.

Menurutnya kegiatan itu harus dilakukan secara kontinyu, jangan sampai hanya seremoni sesaat.

Ia juga memuji adanya komunitas beberesih sampah di Pantai Timur, yang selalu eksis hingga sekarang.

“Gerakan ini yang harus dilakukan terus menerus, pemerintah desa juga bertugas untuk mendorong hal itu,” terangnya.

Menurutnya bantaran Cikidang akan dikeruk, hal itu disebabkan karena pendangkalan atau aktivitas sedimentasi. Maka ia mengingatkan jangan sampai diperparah dengan kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai. (IM/WP001)

(Total dibaca 49 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan