Miliki Penampungan Air Bersih, Warga di Tasikmalaya Ini Tak Lagi Khawatir Datangnya Kemarau

0 58

wartapriangan.com, BERITA TASIKMALAYA. Memasuki musim kemarau, sebagian warga di Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, mulai kesulitan mendapatkan air bersih. Namun bagi warga Kampung Babakan Kiara, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, kemarau tidak lagi menjadi ancaman. Pasalnya mereka kini telah memiliki penampungan air bersih yang dibangun sejak dua tahun yang lalu.

Sebelumnya, setiap datangnya musim kemarau warga sulit mendapatkan air bersih bahkan harus berjalan kaki 3 km untuk mencari sumber mata air bersih untuk keperluan rumah tangga.

Namun sejak memiliki tempat penampungan air bersih, warga sudah menikmati layanan air bersih yang dibangun secara swadaya melalui bantuan pemerintah melalui program pamsimas (penyediaan air minum dan sanitasi berbasis masyarakat).

Salasatu warga penikmat air Iis Domiah mengaku, tidak kesulitan air bersih karean sudah memiliki persediaan air yang ditampung di bak.

“Adanya penampungan air bersih ini sangat membantu bagi kami warga. Air bersih ini akan digunakan untuk minum cuci piring dan banyak kebutuhan launya,” ujar Iis Somiah, Jumat (12/07/2019).

sebelum ada sumber air ini, kata iis, warga harus menempuh perjalanan hampir 3 kilometer untuk mendapat air bersih di musim kemarau.

sementara itu menurut Yuyun, salah seorang warga yang membangun sarana air bersih, awalnya warga setempat kesulitan mendapatkan air bersih, namun setelah disalurkan dari mata air kini daerahnya tidak khawatir lagi.

Selain itu tambahnya, kini untuk warga yang ingin mendapatkan suplai air bersih, sudah digandeng oleh pihak swasata dengan cara membayar dengan dicicil.

Air bersih tersebut disalurkan dari mata air yang ditampung di bak penampungan kemudian disalurkan ke rumah-rumah warga dan pasilitas umum. Sehingga bisa digunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

Dengan adanya program tersebut, kini jadi contoh bagi wilayah lainnya, agar di musim kemarau tidak terjadi krisis air bersih. (AAF/WP003)

(Total dibaca 32 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan