LSM Pitbul’s Datangi Disdik Ciamis, Tuntut Transparansi Penggunaan DAK dari Pusat

0 191

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Dana Alokasi Khusus (DAK) yang dikucurkan Pemerintah Pusat ke Kabupaten Ciamis sangat fantastis dan tebesar di Indonesia, yang mencapai Rp. 92,3 miliar. Dana tersebut dialokasikan khusus untuk rehabilitasi dan pembangunan ruang kelas baru di lingkungan pendidikan Kabupaten Ciamis.

Hal tersebut terungkap, saat LSM Pitbul’s mendatangi kantor Disdik Ciamis, Rabu (10/07/2019). Mereka mempertanyakan sejauh mana pelaksanaan dan pengalokasian dana alokasi khusus tetsebut.

Menurut Ketua LSM Pitbul’s Ciamis Supriatna, kehadirannya terkait beberapa temuan di lapangan tentang pengerjaan rehabilitasi sekolah.

“Dalam audiensi itu, kami mempertanyakan sampai sejauh mana keterbukaan pihak terkait dalam pemampaaatan dana bantuan tersebut, mengingat rehabilitasi sekolah yang sedang dilaksanakan akan berdampak pada keamanan dan kenyamanan proses belajar mengajar siswa didik,” ungkapnya.

Supriatna pun menyampaikan, kehadiran mereka disambut baik oleh pihak Disdik. Artinya Disdik bisa bekerja sama untuk memonitoring pelaksanaan rehabilitasi sekolah.

“Dengan demikian diharapkan sekolah yang melaksanakan pembangunan dalam pelaksanaanya sesuai dengan aturan dan manfaat dari bangunan tersebut bisa dirasakan oleh semua pihak,” paparnya.

Sementara itu Plt Kepala Dinas Pendidikan Andang F. Triadi menyampaikan apresiasai pada LSM Pitbul’s yang peduli terhadap pelaksanaan dan pengalokasian dana DAK.

“Dalam audiensi tersebut ada beberapa temuan rekan-rekan LSM terkait bahan bangunan yang di gunakan oleh pihak sekolah dari material bangunan yang di anggap masih layak,” terangnya.

Dari dasar itulah, tambahnya, mungkin mereka merasa kesulitan komunikasi dengan pihak sekolah untuk mendapatkan kejelasan.

“Pada prinsipnya kami sangat terbuka dengan pihak manapun untuk sama-sama peduli mengawasi demii kemajukan dan kelancaran pembangunan. khususnya di lingkungan Dinas pendidikan,” tandasnya (KUS/WP03)

(Total dibaca 165 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan