Ini Tanggapan Bupati Jeje Soal Aspirasi Pemekaran Kecamatan Langkaplancar

0 242

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Bupati Pangandaran Jeje Wiradinata, menyambut baik aspirasi warga di Kecamatan Langkaplancar yang ingin mekar menjadi dua kecamatan. Pasalnya keinginan tersebut realistis karena wilayahnya memang sangat luas.

Bupati pun meyakini bahwa keinginan tersebut dengan tujuan baik yaitu mendapat pelayanan dari pemerintahan lebih cepat dan pembangunan akan lebih tersebar.

Ada sembilan desa yang menginginkan pemekaran kecamatan Langkaplancar, diantaranya Bungurraya, Bojong, Jadikarya, Bangunkarya, Jadimulya, Sukamulya, Cisarua, Karangkamiri dan Cimanggu.

“Semuanya masuk ke dalam Langkaplancar bagian timur, dimana akses menuju pusat pemerintahan memang jauh jaraknya,” ujarnya, Jumat (5/7/2019).

Pada prinsipnya kata Jeje, dirinya menyambut baik aspirasi warga tersebut, namun semua tentu perlu sinkronisasi dari segala aspek.

“Terutama peraturan dan perundang-undangan. Karena untuk pemekaran wilayah baik kecamatan sekarang harus seizin Kementerian Dalam Negeru (Kemendagri),” ungkapnya.

Karena, tambahnya, hal itu menyangkut alokasi dana desa dan lain sebagainya, termasuk wilayah lama yang akan terpisah nantinya.

Namun dirinya belum dapat memastikan kapan terwujud. “Komunikasi dan koordinasi akan terus dilakukan agar tidak ada rentang kendali akibat luas wilayah,” kata Jeje. (IM/WP01)

(Visited 221 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.