Menjelang Pleno Penetapan Caleg Terpilih, KPU Pangandaran Gelar Rakor dan Simulasi

0 53

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran menggelar rapat koordinasi dan simulasi tatacara penghitungan perolehan kursi dan penetepan calon terpilih Anggota DPRD Kabupaten Pangandaran, di Hotel Horizon Pantai Barat Pangandaran, Selasa (2/7/2019) siang ini.

Hadir dalam kegiatan tersebut Ketua Bawaslu Pangandaran, Kepala Kesbangpol Pangandaran, Sekretaris DPRD Pangandaran, Kabag Pemerintahan Setda Pangandaran, perwakilan Partai Politik peserta Pemilu dan stakeholder lainnya.

Ketua KPU Pangandaran, Muhtadin, saat mrmberikan keterangan pers.

Ketua KPU Kabupaten Pangandaran, Muhtadin menyampaikan, dalam kesempatan tersebut dilakukan simulasi tatacara penghitungan perolehan kursi dan penetepan calon terpilih anggota DPRD Kabupaten Pangandaran Periode 2019-2024.

“Rakor dan simulasi ini untuk mematangkan dan mensosialisasikan proses konversi suara menjadi kursi, sesuai pasal 420 uu no 7 tahun 2017,” ungkapnya usai acara.

Selain itu, kata Muhtadin, kegiatan ini sekaligus silaturahmi KPU Pangandaran dengan stakeholder terkait.

Sementara itu, jelas Muhtadin, KPU Pangandaran telah menjadwalkan pelaksanaan rapat pleno penetapan perolehan jumlah kursi dan calon anggota legislatif terpilih periode 2019-2024, pada 3 Juli 2019 besok.

Berdasarkan aturan, tambah Muhtadin, penetapan perolehan kursi dan calon terpilih untuk DPRD kota/kabupaten yang tidak terdapat perselisihan hasil pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK) dapat dilakukan paling lambat tiga hari, setelah MK menyelesaikan catatan permohonan perselisihan hasil pemilu dalam Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) pada 1 Juli 2019.

Muhtadin menyebutkan, sampai saat ini, di KPU Pangandaran tidak ada perselisihan hasil pemilihan umum. Maka rapat pleno penetapan perolehan jumlah kursi dan calon anggota legislatif akan digelar pada 3 Juli 2019 besok.

“Setelah ditetapkan jumlah kursi dan calon legislatif terpilih, KPU Kabupaten Pangandaran akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pangandaran dan Sekwan terkait pelantikan anggota legislatif periode 2019-2024,” pungkasnya. (IM/WP01)

(Visited 43 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.