Pangandaran Kekurangan Armada Damkar dan Anggaran!

0 76

wartapriangan.com, BERITA PANGANDARAN. Pemerintah Kabupaten hingga tahun 2019 masih kekurangan armada pemadam kebakaran, sementara di wilayah ini bencana kebakaran tergolong tinggi apalagi di musim kemarau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Pangandaran Nana Ruhena menyampaikan, Pemkab Pangandaran hanya memiliki dua unit mobil Pemadam Kebarakan (Damkar), sementara Pangandaran memiliki cakupan wilayah yang sangat luas.

“Dua unit mobil damkar tersebut harus meng-cover 10 Kecamatan di Pangandaran. Satu untuk mengakut air dan satu lagi untuk memadamkan api, cuma itu saja,” jelas Nana, melalui sambungan telepon, Minggu (30/6/2019).

Nana pun menyampaikan minimnya anggaran pemeliharaan untuk dua unit mobil pemadam kebakaran tersebut.

“Bahkan nilainya hanya mencapai puluhan juta per tahun. Jadi untuk service juga tidak tiap bulan, tapi situasional saja. Hanya ganti oli yang bisa rutin,” terangnya.

Akibatnya kata Nana, performa dua damkar itu tidak bisa maksimal, terutama dalam hal kecepatan. Ditambah lagi rotatornya mati.

Dalam aturannya, petugas Damkar itu harus sampai 15 menit ke lokasi kejadian. Namun dengan kondisi seperti itu, kecepatan tentu jadi kendala,” ujarnya.

Nana pun menegaskan, jika dihitung jumlah kecamatan, mestinya Kabupaten Pangandaran harus memiliki 5 unit Damkar.

Menurutnya Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pangandaran rencananya akan membeli satu unit mobil Damkar di tahun 2020 mendatang.

Untuk harga satu unitnya mencapai Rp 1 Miliar lebih. Kalau ada tiga unit agak mendingan, katanya.

Sementara itu, dengan jumlah 20 petugas menurut Nana, dirasa masih dianggap cukup untuk mengatasi kebakaran.

Wakil Bupati Pangandaran H Adang Hadari juga mengatakan bahwa tahun 2020 mendatang, Pemkab akan melakukan pengadaan satu unit mobil Damkar.

“Memang belum mencukupi, namun akan terus ditambah secara bertahap,” jelasnya. (IM/WP01)

(Visited 71 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.