Mau Dapat Uang? Di Pamarican, Cukup Bawa Sampah ke Sini!

0 810

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Warga masyarakat di lingkungan RT 11 A, RW 05, Dusun Sambungjaya, Desa Sukahurip, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, mampu menyulap barang rongsokan (limbah rumah tangga), menjadi rupiah lewat tabungan sampah.

Warga yang tinggal di Lingkungan tersebut, kini berpikir ulang untuk membuang sampah rumah tangganya. Mereka lebih memilih mengumpulkannya untuk kemudian disetorkan ke Ketua RT setempat untuk ditabungkan melalui tabungan sampah.

Layaknya sistem menabung, warga yang menjadi nasabah akan mendapatkan uang dari sampah yang disetorkan sesuai dengan berat timbangan.

Ketua RT setempat, Marjo Suwito mengungkapkan, tabungan sampah ini baru berjalan sekitar satu bulan terakhir. Responnya pun dirasa cukup baik dari warga.

“Sampah dari tiap rumah dikumpulkan di masing-masing rumah, lalu setiap 2 minggu sekali sampah tersebut, dibawa ke rumah Ketua RT, untuk ditimbang. Kalau sudah ditimbang, nanti warga dapat uang sesuai timbangannya. Uangnya masukan ke dalam buku tabungan milik masing-masing warga,” ungkap Marjo

Lebih lajut, Marjo mengungkapkan, tabungan sampah ini semakin diminati warga. Setiap 2 minggu sekali, terlihat makin banyak warga yang menenteng karung sampah untuk ditimbang.

Terpisah, salah seorang warga Yayan Riyana mengungkapkan, kehadiran tabungan sampah ini, memberikan dampak baik terhadap lingkungan.

Menurutnya, semangat warga untuk mengumpulkan sampah, ikut membantu membebaskan lingkungan dari sampah berserakan.

“Kami berharap semua warga masyarakat di lingkungan RT disini, bisa lebih peduli dengan sampah. Apalagi sampah-sampah yang kita kumpulkan bisa jadi tabungan (pemasukan) sebagai tambahan penghasilan,” tandasnya (BE/WP03)

(Total dibaca 714 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan