Inilah Kesimpulan Tim Arkeolog Soal Situs Candi Ronggeng di Ciamis

0 2.531

wartapriangan.com, BERITA CIAMIS. Tim Arkeolog dari Balai Arkeologi Jawa Barat, menyimpulkan bahwa situs Candi Ronggeng yang, berlokasi di Dusun Kedungbangkong, Desa Sukajaya, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, adalah peninggalan masa Hindu Budha.

“Untuk sementara kami simpulkan bahwa Candi Ronggeng ini adalah peninggalan masa Hindu Budha, yang memiliki luas sekitar 7 meter,” ungkap Koordinator Tim Peneliti dari Balai Arkeologi Jawa Barat, Endang Widiastuti, saat ditemui disekitar area Situs Candi Ronggeng, Sabtu (29/06/2019).

Lanjut Endang, dalam penelitian dan penggalian yang dilakukan oleh Tim sejak 18 Juni dan akan berakhir pada hari ini 29 Juni 2019, Tim juga membuka 11 kotak eskavasi, dengan menemukan dinding candi disebelah Utara, Barat, Timur dan dibagian Selatan. Ditemukan bagian sudut bangunan Candi Ronggeng dibagian Barat Daya.

Endang, menduga di sekitar Candi Ronggeng ini masih banyak benda-benda bersejarah yang tertimbun oleh tanah, sehingga perlu dilakukan pengembangan dengan melakukan penelitian dan penggalian lebih luas lagi.

Dalam penggalian itu, lajut Endang, Tim menemukan sekitar 80 persen struktur bangunan Candi Ronggeng, yang masih utuh. Sehingga Situs Candi Ronggeng ini masih layak untuk dilakukan pemugaran oleh Pemerintah Kabupaten Ciamis, sebagai Situs Cagar Budaya.

Endang menambahkan, untuk usia Candi Ronggeng sendiri kami belum bisa menyimpulkan, karena harus dilakukan penelitian lebih lanjut di Laboratorium. Dan kami sudah membawa sempel dari sini untuk melakukan pengecekan lebih lanjut. (BE/WP03)

(Visited 1.981 times, 1 visits today)
Jasa Penulisan

Leave A Reply

Your email address will not be published.