Tim Verifikasi Provinsi Jabar, Lakukan Penilaian Kampung KB di Banjar

0 57

wartapriangan.com, BERITA BANJAR. Tim Verifikasi Penilaian Kampung Keluarga Berencana (KB), Tingkat Provinsi Jawa Barat, melakukan Kegiatan Penilaian Verifikasi Lapangan, di Kampung KB, yang berlokasi di Dusun Girimukti, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Kamis (27/06/2019).

Ditemui usai acara, Wali Kota Banjar Ade Uu Sukaesih mengatakan, Kampung KB yang ada diwilayah Kota Banjar, merupakan pelopor Kampung KB Nasional.

Tidak hanya itu Total Fertillyti Rate (TFR), di Kota Banjar, rata-rata seorang ibu melahirkan pada masa reproduksinya dan Kota Banjar sudah mendahului standar Provinsi Jawa Barat.

“Jadi Kampung KB bukan hanya dalam arti Kampung Keluarga Berencana, akan tetapi, harus bisa menjadi kampung yang berkualitas, seperti peduli terhadap pendidikan, tidak ada anak putus sekolah, warga harus mempunyai KTP, tidak ada pelecehan sexual, tidak ada KDRT, dan tidak ada pengangguran. Minimal warga masyarakat yang tinggal di Kampung tersebut, mempunyai keterampilan, sehingga kesejateraan masyarakat pun bisa tepenuhi,” jelasnya

Walikota Banjar, berharap terlepas menang, atau tidaknya Kampung KB ini di Tingkat Jawa Barat, mudah-mudahan bisa mendongkrak perokonomian masyarakat sekitar. Sehingga Dusun Girimukti, ke depan bisa semakin maju.

”Mudah-mudahan dengan adanya Kampung KB, bisa mengurangi tingkat pengagguran di masyarakat, minimal masing-masing di bekali keahlian, dan juga keterampilan,” harapnya

Ditemui terpisah Tim Penilaian Verifikasi Kampung KB dari Propinsi Jawa barat, Herman Melani mengatakan, tujuan inti dari Kampung KB ini adalah, untuk menggali potensi-potensi yang ada di masyarakat dengan modal dasar kebersamaan dari masyarakat itu sendiri.

Kampung KB yang ada di Dusun Girimukti, Desa Sukamukti, Kecamatan Pataruman, Kota Banjar, Jawa Barat ini, menurut penglihatan secara kasat mata, telah memenuhi kriteria, dan propilnya sangat bagus, serta layak bersaing di Tingkat Propinsi Jawa barat.

”Ada tiga syarat dalam Verifikasi Kampung KB ini, yaitu yang pertama profil, yang kedua pendaftaran lewat online dengan meng upload semua jenis kegiatan yang ada di Kampung KB dan yang ketiga riceking ke lapangan,” ujarnya

Lanjut Herman, untuk profil Kampung KB yang ada diwilayah Desa Sukamukti, termasuk salah satu Kampung KB yang sangat bagus, di wilayah Provinsi Jawa Barat.

” Tapi untuk menjadi Juara ke 1, kami perlu mengadakan penilaian yang lebih mendalam, untuk didiskusikan lebih lanjut di Tingkat Provinsi Jawa Barat,“ tandasnya. (BE/WP03)

(Total dibaca 51 kali. Dibaca hari ini 1 kali)

Tinggalkan pesanan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan